IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KECEMASAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
Amelia Yuni Saputri, Abdurrahman Abdurrahman, Agus Suyatna
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran fisika yang dihadapi oleh guru adalah hasil belajar peserta didik yang rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat disebabkan oleh peserta didik mengangap pembelajaran fisika cenderung sulit, sehingga dapat menyebabkan kecemasan kognitif peserta didik tinggi pada tugas belajar fisika. Hasil belajar yang rendah dan kecemasan kognitif yang tinggi dapat mengalami perubahan yang signifikan, jika menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif dengan menerapkan pendekatan STEM dan saintifik berbasis pembelajaran inquiry pada materi Hukum Newton. Desain penelitian yang digunakan quasi-experimental dengan jenis non-equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes dan skala kecemasan kognitif. Data tersebut dianalisis menggunakan N-Gain dan Independent Sample T-Test atau Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif antara implementasi pendekatan STEM dan saintifik berbasis pembelajaran inquiry dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 untuk hasil belajar dan 0,029 untuk kecemasan kognitif. Berdasarkan data N-Gain tersebut, peserta didik yang menerapkan pendekatan STEM dalam pembelajaran hukum Newton memperoleh peningkatan hasil belajar dan penurunan kecemasan kognitif yang lebih tinggi daripada peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik.