PENGUJIAN INSTRUMEN ROTATIONAL DYNAMICS CONCEPTUAL SURVEY DALAM MENGKAJI PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMK PADA KONSEP DINAMIKA ROTASI

Anifatul Mardiyah, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Abstract


Tujuan pelaksanan penelitian ini untuk menguji kelayakan instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey melalui kegiatan penguji cobaan terhadap siswa. Instrumen Rotational Dynamic Conceptual Survey merupakan instrumen tes diagnostik berbentuk four-tier yang telah dikembangkan oleh peneliti untuk mengkaji perubahan konseptual siswa pada konsep dinamika rotasi. Metode penalitian ini adalah kuantitatif. Analisis hasil data penelitian menggunakan Microsoft Excel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penguji cobaan instrumen terhadap validitas dan reabilitas, tingkat daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa instrumen ini layak untuk digunakan. Uji validitas menghasilkan nilai rhitung > rtabel (0.632). Uji reabilitas menghasilkan r11sebesar 0.954 sehingga tergolong kategori sangat tinggi. Uji daya pembeda menunjukkan persentase 31% soal berkriteria sangat baik, 38% baik, dan 31% cukup. Uji tingkat kesukaran soal menunjukkan 75% soal berkategori sedang dan 25% soal berkategori mudah.

Keywords


instrumen, pengujian, RDCS

Full Text:

PDF

References


Agam, R. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Kelimabela). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research (Fourth; M. Buchholtz, Ed.). The University of Nebraska-Lincoln.

Dilber, R. (2010). Effect of conceptual change instruction on students ’ understanding of electricity concepts Refik Dilber. International Journal Innovation and Learning, 7(4), 478–496.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hermita, N., Suhandi, A., Samsudin, A., & Dkk. (2017). Constructing and Implementing a Four Tier Test about Static Electricity to Diagnose Pre-service Elementary School Teacher ’ Misconceptions Constructing and Implementing a Four Tier Test about Static Electricity to Diagnose Pre-service Elementary School Te. Journal of Physics : Conf. Series 895.

Kartiko, R. W. (2010). Asas Metodologi Penelitian (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari P.P. (2015). ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA KELAS UNGGULAN. UNNES Physics Educational Journal, 4(3), 44–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1089/ars.2015.6320

Shahnaz, D. P. (2014). ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR FISIKA SMP. Uneversitas Negeri Semarang.

Sri, A., & Wahyuni, A. (2015). Konsepsi dan Miskonsepsi Siswa , Mahasiswa Calon Guru , dan Guru pada Topik Cahaya dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(No 3), 235–250.

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisus (Anggota IKAPI).

Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03), 67–70.

Tegeh, I. made, Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats