PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, Fathiah. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal EDUSAINS. Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 90 – 96. Diakses tanggal 12 Januari 2016.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kartikasari, Icmi. 2014. Perbedaan Model Pembelajaran Message Berkonten Keteampilan Proses Sains dengan Cooperative Learning Type Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga
Martin, M.O., Ina V.S.M., Pierre, F. & Gabrielle, M.S. 2011. TIMSS 2011 Internasional Results in Science. Internasional Association for the Evaluation of Educational Achievement.
OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). 2014. Pisa 2012 Result in Focus What 15-year-olds know they can do with what they know. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results.html, diakses tanggal 29 Juni 2016).
Oktavianty, Erwina. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Multipelrepresentasi pada topik Fluida Statis untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. hal. 33 - 45. Bandar Lampung;
Unila.Puspita, A.T. & Jatmiko, B. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas XI Di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 02 No. 03 Tahun 2013 212-215. Diakses 22 Maret 2016.
Riyadi, Usman. 2008. Model Pembelajaran Inkuiri dengan Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis. Tesis. Semarang: UNNES.
Rofiah, E., Nonoh S.A. & Elvin Y.E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 2338-0691. Diakses tanggal 22 Maret 2016.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, Fajar. 2015. Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMAN 9 Pontianak. Skripsi. Pontianak: FKIP UNTAN.
Wuri, O.R. & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Materi Kalor Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). ISSN: 2302-4496. Diakses tanggal 8 April 2015
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.12598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats