PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Erwina Oktavianty, Haratua Tiur Maria Silitonga, Siti Fatimah

Abstract


This study aims to determine the effect of applying a scientific approach to improve students' critical thinking skills on static fluid material at SMA Mujahidin Pontianak. The research method used was Pre-Experimental with One Group Pre-test Post-test design. The data collection tool used was in the form of questions, namely 8 questions in multiple choice form. This study involved 25 students of class XI IPA 2 as a sample selected by random sampling technique. The results showed that the average gain score for critical thinking skills was 0.3 in the moderate category. This research is expected to be used as an alternative remediation activity for students in order to improve critical thinking skills

Keywords


Scientific approach, critical thingking skills, Fluid

Full Text:

PDF

References


Alatas, Fathiah. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal EDUSAINS. Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 90 – 96. Diakses tanggal 12 Januari 2016.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kartikasari, Icmi. 2014. Perbedaan Model Pembelajaran Message Berkonten Keteampilan Proses Sains dengan Cooperative Learning Type Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Martin, M.O., Ina V.S.M., Pierre, F. & Gabrielle, M.S. 2011. TIMSS 2011 Internasional Results in Science. Internasional Association for the Evaluation of Educational Achievement.

OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). 2014. Pisa 2012 Result in Focus What 15-year-olds know they can do with what they know. (Online). (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results.html, diakses tanggal 29 Juni 2016).

Oktavianty, Erwina. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Multipelrepresentasi pada topik Fluida Statis untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. hal. 33 - 45. Bandar Lampung;

Unila.Puspita, A.T. & Jatmiko, B. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas XI Di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 02 No. 03 Tahun 2013 212-215. Diakses 22 Maret 2016.

Riyadi, Usman. 2008. Model Pembelajaran Inkuiri dengan Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Fluida Statis. Tesis. Semarang: UNNES.

Rofiah, E., Nonoh S.A. & Elvin Y.E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 2338-0691. Diakses tanggal 22 Maret 2016.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, Fajar. 2015. Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMAN 9 Pontianak. Skripsi. Pontianak: FKIP UNTAN.

Wuri, O.R. & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Materi Kalor Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). ISSN: 2302-4496. Diakses tanggal 8 April 2015




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.12598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats