PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DIKOMBINASIKAN DENGAN ARDUINO SEBAGAI MEDIA BANTU PRAKTIKUM MATERI GELOMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat praktikum menggunakan sensor ultrasonik dikombinasikan dengan arduino sebagai media bantu praktikum materi gelombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), yang mengacu pada model Sugiyono yang menggunakan 10 langkah yaitu sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert lima yang ditujukan kepada ahli media dan mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Tadulako guna menguji kelayakan dan kualitas dari alat praktikum. Setelah melakukan validasi dan uji coba terbatas maka data kualitas produk yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Kualitas produk berdasarkan hasil analisis penilaian ahli media diperoleh nilai persentase sebesar 82,5% dengan interprestasi “Sangat Baik”. Sedangkan hasil tanggapan mahasiswa pada uji coba terbatas diperoleh nilai persentase sebesar 86,66% dengan interprestasi “Sangat Setuju”. Berdasarkan hasil uji coba dan analisis angket maka dapat disimpulkan bahwa alat praktikum menggunakan sensor ultrasonik dikombinasikan dengan arduino yang dikembangkan layak digunakan.
The purpose of this research is to develop a practicum tool using ultrasonic sensors combined with Arduino as an auxiliary medium for wave material practicum. This research process is a development research (R&D), which refers to Sugiyono's model which uses 10 steps, namely: (1) Potentials and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision , (6) product testing, (7) product revision, (8) usage trial, (9) product revision, and (10) mass production. The research instrument used was a questionnaire with a five-Likert scale aimed at media experts and students of the Tadulako University Physics Education in order to test the feasibility and quality of the practicum tools. After validation and limited trials, the product quality data obtained were analyzed using descriptive analysis. The quality of the product based on the results of the analysis of the media measurement results was 82.5% with the interpretation "Very Good". While the results of student responses to the limited trial, the proportion value of 86.66% with the interpretation "Strongly Agree". Based on the results of trials and questionnaire analysis it can be concluded that the practicum tool using an ultrasonic sensor combined with the Arduino developed was suitable for use.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustianti, D., Rustana, C. E., & Nasbey, H. (2015). Pengembangan Alat Praktikum MELDE Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 45–48.
Akbar, R. S. (2015). Pengukur Tinggi Badan Berbasis Arduino. Jurnal Ilmiah Mikrotek, 1(4), 198–204.
Arief, U. M. (2011). Pengujian Sensor Ultrasonik PING untuk Pengukuran Level Ketinggian dan Volume Air. Jurnal Ilmiah “Elektrikal Enjiniring” UNHAS, 09(02), 72–77.
Aslam, A., Syamsu, S., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Alat Praktikum Hukum Ohm Berbasis Grafik Menggunakan Mikrokontroler Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(1), 20.
https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i1.5479
Astuti, I. A. D. (2016). Pengembangan Alat Eksperimen Cepat Rambat Bunyi Dalam Medium Udara Dengan Menggunakan Metode Time of Flight (Tof) Dan Berbantuan Software Audacity. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 18–24. https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13725
Cahyono, T. H. A., & Suprayitno, E. A. (2018). Alat Ukur Berat Badan, Tinggi Badan dan Suhu Badan Di Posyandu Berbasis Android. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 31–38. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20221
Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2016). Pengembangan Odd " Osilator Digital Detector " Sebagai alat peraga praktikum gerak harmonil sederhana. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 1–9.
Karaeng, M. A. (2017). Desain Teleskop Refraktor Menggunakan Web Camera (webcam) Sebagai Media Pembelajaran. Universitas Tadulako.
Karyadi, D. S., & Gunawan, H. (2007). Alat Ukur Tinggi Badan Manusia Portabel. Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 6, 56–68.
Kristiantari, B. M. (2017). Alat Ukur Tinggi Badan Otomatis Dengan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Dengan Tampilan Lcd Bergerak Dan Suara. Sanata Dharma University.
Maiyena, S., Imamora, M., & Ningsih, F. (2017). Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Sensor Phototransistor Untuk Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Jatuh Bebas. Journal of Saintek, 9(1), 54–67. https://doi.org/10.31958/js.v9i1.750
Maryam, E., & Fahrudin, A. (2020). Pengembangan Sound Card Laptop Sebagai Alat Praktikum Fisika untuk Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(1), 29–40.
Muchlis, F., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Internet of Things untuk Praktikum Hukum Newton II. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(1), 13–20.
Mulyatiningsih. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nurlette, D., & Wijaya, T. K. (2018). Perancangan Alat Pengukur Tinggi Dan Berat Badan Ideal Berbasis Arduino. Sigma Teknika, 1(2), 172. https://doi.org/10.33373/sigma.v1i2.1515
Nuryanto, R. (2016). Pengukur Berat dan Tinggi Badan Ideal Berbasis Arduino. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 15(1), 1–15.
Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55
Sugiyono. (2010). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, Mundilarto, & Kuswanto, H. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 89–98.
Waris, A., Darsikin, D., & Nurjannah, N. (2015). Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Konsep Listrik Magnet untuk Siswa SMP Daerah Terpencil. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 1. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i2.4448
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.12710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats