PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA DASAR BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan modul elektronika dasar berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika Unsri. Penelitian model inovasi kegiatan pelaksanaan praktikum yang dimaksud diberi nama praktikum berbasis proyek (PBP). Dalam implementasinya model ini menggunakan empat proses; koneksi, desain, investigasi dan membangun pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNSRI pada perkuliahan elektronika dasar. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan (1974) dengan langkah-langkah: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Efektivitas penerapan modul praktikum berbasis proyek yang dikembangkan ditentukan berdasarkan perbandingan <g> antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengujian statistik parametrik (uji-t). Dari hasil penelitian diperoleh data perbedaan yang ditujukan table 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Wiyono, “Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 2, pp. 123–131, 2015, doi: 10.36706/jipf.v2i2.2613.
Supardi, L. Leonard, H. Suhendri, and Rismurdiyati, “Pengembangan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika,” J. Form., vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2012, [Online]. Available: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86/84.
PADU, “Malaysia Education Blueprint 2013 - 2025,” Education, vol. 27, no. 1, pp. 1–268, 2013, doi: 10.1016/j.tate.2010.08.007.
N. Gagese, U. Wahyono, and Y. Kendek, “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 6, no. 1, p. 44, 2018, doi: 10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10018.
A. R. Aththibby, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi,” J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, 2015, doi: 10.24127/jpf.v3i2.238.
M. Ariska, H. Akhsan, and Z. Zulherman, “Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top,” J. Penelit. Fis. dan Apl., vol. 8, no. 2, p. 123, 2018, doi: 10.26740/jpfa.v8n2.p123-131.
M. Ariska, H. Akhsan, and M. Muslim, “Potential energy of mechanical system dynamics with nonholonomic constraints on the cylinder configuration space,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1480, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1480/1/012075.
M. Ariska, H. Akhsan, and M. Muslim, “Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1166, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1166/1/012009.
W. J. Boone, M. S. Yale, and J. R. Staver, Rasch analysis in the human sciences. 2014.
Z. Misykah and A. A. Adiansha, “Effective teaching for increase higher-order thinking skills ( hots ) in education of elementary school,” Int. Conf. Math. Sci. Educ. Univ. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 1, pp. 658–664, 2018, [Online]. Available: http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3.
J. Febrianti, H. Akhsan, and M. Muslim, “Analisis Miskonsepsi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Sma Negeri 3 Tanjung Raja,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 1, pp. 90–102, 2019, doi: 10.36706/jipf.v6i1.7819.
H. Akhsan, K. Wiyono, M. Ariska, and N. E. Melvany, “Development of Higher-order Thinking Test Instrument on Fluid Material for Senior High School Students,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1467, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1467/1/012046.
H. Akhsan, K. Wiyono, M. Ariska, and N. E. Melvany, “Development of HOTS (higher order thinking skills) test instruments for the concept of fluid and harmonic vibrations for high schools,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1480, no. 1, doi: 10.1088/1742-6596/1480/1/012071.
Sugiyono, “buku metode penelitian pendidikan sugiyono Download buku metode penelitian pendidikan sugiyono,” 2012.
N. Novrianti, “Pengembangan Computer Based Testing (Cbt) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 17, no. 1, pp. 34–42, 2014, doi: 10.24252/lp.2014v17n1a3.
H. H. Kamaluddin dan Fihrin, P. Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako Jl Soekarno Hatta Km, and K. Bumi Tadulako Tondo Palu – Sulawesi Tengah, “Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu,” J. Pendidik. Fis. Tadulako, vol. 4, no. 3, pp. 3–5, 2338.
M. Ariska, “Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 2, pp. 147–154, 2015, doi: 10.36706/jipf.v2i2.2616.
K. So and J. Kang, “Curriculum Reform in Korea: Issues and Challenges for Twenty-first Century Learning,” Asia-Pacific Educ. Res., vol. 23, no. 4, pp. 795–803, 2014, doi: 10.1007/s40299-013-0161-2.
R. N. Shaidullin, L. N. Safiullin, I. R. Gafurov, and N. Z. Safiullin, “Blended Learning: Leading Modern Educational Technologies,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 131, no. 904, pp. 105–110, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.04.087.
H. S. Tanjung and S. A. Nababan, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh,” Genta Mulia, vol. 9, no. 2, pp. 56–70, 2018.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.12711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats