IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan pada materi gerak lurus menggunakan four tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan metode survey dengan model penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 29 siswa kelas X MIPA C MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah four tier diagnostic test sebanyak 10 soal pada materi gerak lurus. Hasil diagnosis dari penelitian yang telah dilakukan ,diperoleh hasil tes siswa yang memiliki miskonsepsi sebesar 28,96 %, siswa yang tidak memahami konsep sebesar 62,754 %, siswa yang memahami konsep sebesar 7,927% serta siswa yang mengalami error sebesar 0,344%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan pada materi gerak lurus termasuk ke dalam kategori miskonsepsi tingkat rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, R., Astuti, B., & Mindyarto, B. N. (2019). Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 25. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3546
Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 13–15. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i1.54
Erwinsyah, H., Muhassin, M., & Asyhari, A. (2020). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.5125
Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto, S. (2017, March 29). Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Optik Geometri. Seminar Nasional MIPA 2016. Seminar Nasional MIPA 2016.https://conf.unnes.ac.id/index.php/mipa/mipa2016/paper/view/428
Handayani, N. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Pokok Bahasan Hukum Termodinamika di SMA Kabupaten Bondowoso. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87476
Irsanti, R., Khaldun, I., & Hanum, L. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four- TierDiagnostic Test pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-falah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3), Article 3. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/4927
Ismail, I. I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. 4, 4.
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Istighfarin, L. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu, 4(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13430
Jumini, S., Retyanto, B., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3, 196. https://doi.org/10.32699/spektra.v3i2.38
Khoiri, H., Wijaya, A. K., & Kusumawati, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 60–64.
Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 146–153. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.251
Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314
Nuraini, N. R. A. (2018). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap dengan Computer Based Test untuk SMA Kelas X di Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/64129/Profil-Miskonsepsi-Siswa-pada-Materi-Kinematika-Gerak-Lurus-menggunakan-Tes-Diagnostik-Empat-Tahap-dengan-Computer-Based-Test-untuk-SMA-Kelas-X-di-Surakarta
Nurulwati, N., & Rahmadani, A. (2019). Perbandinagn Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Three Tier Dan Four Tier Diagnostic Test Pada MAteri Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436
Oktavia, V. E., & Admoko, S. (2019). Penggunaan Isntrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), Article 2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27440
Pratiwi, Y. M., Suyudi, A., & Zulmasula, Z. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um058v2i2p%p
Puspithasari, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Teknik Probing Prompting terhadap Penguasaan Konsep Gerak Lurus. SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 0(0), Article 0. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/77216
Rahmah, C. M., Nasir, M., & Bahri, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) pada Materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapan, 2018(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v2018i2.7457
Saputro, A. D. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam Untuk Meningkatkan Prestasi belajar dalam berpikir Kritis Siswa di Sekolah. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 17(1), 110–133. https://doi.org/10.18860/ua.v17i1.3264
Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Sub-Materi Fluida Dinamik: Azas Kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180. https://doi.org/10.21009/1.03208
Sutrisno, A. D. (2019). Survey Pemahaman Konsep dan Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 106–112. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15796
Trisnawati, A., Erniwati, E., Eso, R., & Mustari, M. (2020). Analisis Miskonsepsi terhadap Materi Rangkaian Listrik Searah (DC) Pada Siswa SMK Negeri Kota Kendari Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 287–294. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i4.14097
Zahra, F. (2019). Pengembangan Four-tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/8136/
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats