IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST

Melisa Triastutik, Agus Budiyono, Inayatun Diraya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan pada materi gerak lurus menggunakan four tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan metode survey dengan model penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 29 siswa kelas X MIPA C MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah four tier diagnostic test sebanyak 10 soal pada materi gerak lurus. Hasil diagnosis dari penelitian yang telah dilakukan ,diperoleh hasil tes siswa yang memiliki miskonsepsi sebesar 28,96 %, siswa yang tidak memahami konsep sebesar 62,754 %, siswa yang memahami konsep sebesar 7,927% serta siswa yang mengalami error sebesar 0,344%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa MA. Miftahul Ulum Bettet Pamekasan pada materi gerak lurus termasuk ke dalam kategori miskonsepsi tingkat rendah.


Keywords


Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Astuti, B., & Mindyarto, B. N. (2019). Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 25. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3546

Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 13–15. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i1.54

Erwinsyah, H., Muhassin, M., & Asyhari, A. (2020). Pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.5125

Fariyani, Q., Rusilowati, A., & Sugianto, S. (2017, March 29). Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Optik Geometri. Seminar Nasional MIPA 2016. Seminar Nasional MIPA 2016.https://conf.unnes.ac.id/index.php/mipa/mipa2016/paper/view/428

Handayani, N. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Pokok Bahasan Hukum Termodinamika di SMA Kabupaten Bondowoso. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87476

Irsanti, R., Khaldun, I., & Hanum, L. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four- TierDiagnostic Test pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-falah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3), Article 3. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/4927

Ismail, I. I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. 4, 4.

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Istighfarin, L. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu, 4(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13430

Jumini, S., Retyanto, B., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3, 196. https://doi.org/10.32699/spektra.v3i2.38

Khoiri, H., Wijaya, A. K., & Kusumawati, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 60–64.

Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 146–153. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.251

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Nuraini, N. R. A. (2018). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap dengan Computer Based Test untuk SMA Kelas X di Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/64129/Profil-Miskonsepsi-Siswa-pada-Materi-Kinematika-Gerak-Lurus-menggunakan-Tes-Diagnostik-Empat-Tahap-dengan-Computer-Based-Test-untuk-SMA-Kelas-X-di-Surakarta

Nurulwati, N., & Rahmadani, A. (2019). Perbandinagn Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Three Tier Dan Four Tier Diagnostic Test Pada MAteri Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 101–110. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14436

Oktavia, V. E., & Admoko, S. (2019). Penggunaan Isntrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), Article 2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27440

Pratiwi, Y. M., Suyudi, A., & Zulmasula, Z. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um058v2i2p%p

Puspithasari, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Teknik Probing Prompting terhadap Penguasaan Konsep Gerak Lurus. SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 0(0), Article 0. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/77216

Rahmah, C. M., Nasir, M., & Bahri, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) pada Materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapan, 2018(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v2018i2.7457

Saputro, A. D. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam Untuk Meningkatkan Prestasi belajar dalam berpikir Kritis Siswa di Sekolah. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 17(1), 110–133. https://doi.org/10.18860/ua.v17i1.3264

Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Sub-Materi Fluida Dinamik: Azas Kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180. https://doi.org/10.21009/1.03208

Sutrisno, A. D. (2019). Survey Pemahaman Konsep dan Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 106–112. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15796

Trisnawati, A., Erniwati, E., Eso, R., & Mustari, M. (2020). Analisis Miskonsepsi terhadap Materi Rangkaian Listrik Searah (DC) Pada Siswa SMK Negeri Kota Kendari Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 287–294. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i4.14097

Zahra, F. (2019). Pengembangan Four-tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Kinematika Gerak Lurus [Other, Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/8136/




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats