• https://theoejwilson.com/
  • slot demo
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • https://moodlesisschools.academiaerp.com/
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot pulsa
  • ANALISIS EFFECT SIZE PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA | Amelia | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS EFFECT SIZE PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

    Rini Amelia, Festiyed Festiyed, Asrizal Asrizal

    Abstract


    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis effect size penggunaan modul dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika peserta didik berdasarkan 1) tingkatan kelas di SMA; 2) materi pembelajaran; 3) pembelajaran yang diterapkan dan 4) aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian meta-analisis. Subjek penelitian ini yaitu 20 artikel yang terdiri atas 14 artikel nasional dan 6 artikel internasional yang terbit dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan modul dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di tingkat kelas X dan XI SMA dengan effect size yang sangat tinggi, berdasarkan materi pembelajaran dan pembelajaran yang diterapkan memberikan effect size yang sedang, tinggi dan sangat tinggi, berdasarkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik memberi effect size yang sangat tinggi.


    Keywords


    Analisis, Effect size, Modul, Fisika, Hasil Belajar

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13536

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats