ANALISIS EFFECT SIZE PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA | Amelia | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
ANALISIS EFFECT SIZE PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA
Rini Amelia, Festiyed Festiyed, Asrizal Asrizal
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis effect size penggunaan modul dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika peserta didik berdasarkan 1) tingkatan kelas di SMA; 2) materi pembelajaran; 3) pembelajaran yang diterapkan dan 4) aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian meta-analisis.Subjek penelitian ini yaitu 20 artikel yang terdiri atas 14 artikel nasional dan 6 artikel internasional yang terbit dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di tingkat kelas X dan XI SMA dengan effect size yang sangat tinggi, berdasarkan materi pembelajaran dan pembelajaran yang diterapkan memberikan effect size yang sedang, tinggi dan sangat tinggi, berdasarkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik memberi effect size yang sangat tinggi.
Keywords
Analisis, Effect size, Modul, Fisika, Hasil Belajar