ANALISIS EFFECT SIZE PENGGUNAAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Rini Amelia, Festiyed Festiyed, Asrizal Asrizal

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis effect size penggunaan modul dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar fisika peserta didik berdasarkan 1) tingkatan kelas di SMA; 2) materi pembelajaran; 3) pembelajaran yang diterapkan dan 4) aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian meta-analisis. Subjek penelitian ini yaitu 20 artikel yang terdiri atas 14 artikel nasional dan 6 artikel internasional yang terbit dari tahun 2015 sampai tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan modul dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di tingkat kelas X dan XI SMA dengan effect size yang sangat tinggi, berdasarkan materi pembelajaran dan pembelajaran yang diterapkan memberikan effect size yang sedang, tinggi dan sangat tinggi, berdasarkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan peserta didik memberi effect size yang sangat tinggi.


Keywords


Analisis, Effect size, Modul, Fisika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats