Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasi Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa pendidikan fisika dan bagaimana respon mahasiswa terkait pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pokok bahasan interferensi pada mahasiswa pendidikan fisika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development ,R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan softaware macromedia flash 8. Uji coba produk yang berupa media pembelajaran dilakukan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 3 pada tahun ajaran 2020 – 2021. Untuk mengetahui respon mahasiswa fisika terhadap media pembelajaran uji coba dilakukan dan untuk mengetahui respon tersebut maka digunakan kusioner berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai presentase sebesar 81,64 % dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran mempunyai respon positif pada saat digunakan oleh mahasiswa fisika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aththibby, A.R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika. III (2) : 26
Gunawan., Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1) : 10
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta : Pustaka Belajar
Rezeki, I., danIshafit. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3(1) : 30
Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Gusweri S & Dewi P S. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Minjer Mindmanager Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan pembelajaran Fisika. 6(1) : 66-72
Pratiwi E D., Sri Latifah dan Mukarramah Mustari. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02(3): 303-309
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sunaryo & Euis I. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Komputer Menggunakan Software Adobe Flash CS6 Di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 8(1) : 127-131
Warditon Isni & Fitriyawany. 2019. Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Animasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di MAS Darul Ihsan. Jurnal Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. (1):1-8
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.13629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats