• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasi Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika | Suwasono | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasi Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika

    Andre Suwasono, Fairuz Maharani Deasiyanti, Indri Widiyanti, Yasmin Yuliana, Lailatul Nuraini

    Abstract


    Pengembangan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Interferensi pada Mahasiswa Pendidikan Fisika. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa pendidikan fisika dan bagaimana respon mahasiswa terkait pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pokok bahasan interferensi pada mahasiswa pendidikan fisika.  Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development ,R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan softaware macromedia flash 8. Uji coba produk yang berupa media pembelajaran dilakukan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu pada mahasiswa yang menempuh mata kuliah Fisika Dasar 3 pada tahun ajaran 2020 – 2021. Untuk mengetahui respon mahasiswa fisika terhadap media pembelajaran uji coba dilakukan dan untuk mengetahui respon tersebut maka digunakan kusioner berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai presentase sebesar 81,64 % dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran mempunyai respon positif pada saat digunakan oleh mahasiswa fisika.


    Keywords


    Macromedia Flash, ADDIE, Media Pembelajaran, minat

    Full Text:

    PDF

    References


    Aththibby, A.R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika. III (2) : 26

    Gunawan., Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1) : 10

    Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta : Pustaka Belajar

    Rezeki, I., danIshafit. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3(1) : 30

    Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

    Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

    Gusweri S & Dewi P S. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Minjer Mindmanager Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan pembelajaran Fisika. 6(1) : 66-72

    Pratiwi E D., Sri Latifah dan Mukarramah Mustari. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02(3): 303-309

    Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

    Sunaryo & Euis I. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Komputer Menggunakan Software Adobe Flash CS6 Di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 8(1) : 127-131

    Warditon Isni & Fitriyawany. 2019. Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Animasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di MAS Darul Ihsan. Jurnal Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. (1):1-8




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.13629

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats