PROFIL SIKAP ILMIAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Penerapan Kurikulum 2013 sangat memerlukan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, sehingga siswa tidak pasif dan pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dapat dikembangkan. Tinggi rendahnya sikap ilmiah akan memengaruhi cara berpikir siswa dalam proses pembelajaran, seperti cara siswa bisa terbuka terhadap opini orang lain, mengatakan sesuatu sesuai fakta, objektif dan menyimpulkan suatu hal dengan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, kreativitas guru dalam merancang ide baru mengenai pelaksanaan pembelajaran juga sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika. Data sikap ilmiah siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi. Sampel peneltian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 di MAN 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif diperoleh nilai rata-rata nilai sikap ilmiah siswa di kelas X IPA 1 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM dapat memicu sikap ilmiah siswa mencapai kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86–94.
Candrasekaran, S. (2014). Developing Scientific Attitude, Critical Thinking and Creative Intelligence of Higher Secondary School Biology Students by Applying Synectics Techniques. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(6), 1–8.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Jurnal riset dan kajian pendidikan fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53–62.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 23–34). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Purwanti, S., & Manurung, S. (2015). The Analyze Effects Of Learning Model Problem Solving Scientific Attitude And Learning Outcomes Of Physics. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57–62.
Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua.). Jakarta: Jakarta.
Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1).
Trianto. (2007). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum. Jakarta: Kencana.
Wibowo, I. G. A. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315–321.
Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.14247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats