PROFIL SIKAP ILMIAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Yullya Erlina Eka Putri, Albertus Djoko Lesmono, Lailatul Nuraini

Abstract


Penerapan Kurikulum 2013 sangat memerlukan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, sehingga siswa tidak pasif dan pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dapat dikembangkan. Tinggi rendahnya sikap ilmiah akan memengaruhi cara berpikir siswa dalam proses pembelajaran, seperti cara siswa bisa terbuka terhadap opini orang lain, mengatakan sesuatu sesuai fakta, objektif dan menyimpulkan suatu hal dengan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu, kreativitas guru dalam merancang ide baru mengenai pelaksanaan pembelajaran juga sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa selama pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM pada pembelajaran fisika. Data sikap ilmiah siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi. Sampel peneltian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 di MAN 2 Jember. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif diperoleh nilai rata-rata nilai sikap ilmiah siswa di kelas X IPA 1 termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dengan pendekatan STEM dapat memicu sikap ilmiah siswa mencapai kategori baik.


Keywords


Sikap Ilmiah, Problem Based Learning, Pendekatan STEM

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86–94.

Candrasekaran, S. (2014). Developing Scientific Attitude, Critical Thinking and Creative Intelligence of Higher Secondary School Biology Students by Applying Synectics Techniques. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(6), 1–8.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Jurnal riset dan kajian pendidikan fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53–62.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 23–34). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Purwanti, S., & Manurung, S. (2015). The Analyze Effects Of Learning Model Problem Solving Scientific Attitude And Learning Outcomes Of Physics. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 57–62.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua.). Jakarta: Jakarta.

Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1).

Trianto. (2007). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum. Jakarta: Kencana.

Wibowo, I. G. A. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315–321.

Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.14247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online