PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATHICS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PEMANASAN GLOBAL DI SMA

Qoriatul Furqoniyah, Subiki Subiki, Maryani Maryani

Abstract


Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui: (1) validasi LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI, (2) efektifitas  LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI, (3) respon siswa terhadap  LKPD berbasis STEM materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada pengembangan Nieveen yang meliputi: (1) preliminary research (studi pendahuluan), (2) prototyping stage (tahap perancangan), dan (3) assesment stage (tahap penilaian). LKPD ini divalidasi oleh 2 validator ahli dan 1 pengguna untuk diketahui kelayakannya berdasarkan aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafisan. Setelah divalidasi dan memenuhi kriteria kelayakan, LKPD akan diuji coba secara terbatas pada 10 siswa. Uji coba luas dilakukan pada 36 siswa dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil pengembangan LKPD berbasis STEM adalah: (1) LKPD berbasis STEM dengan hasil validasi 89%. (2) LKPD berbasis STEM dengan efektifitas tinggi dilihat dari hasil uji n gain sebesar 72%. (3) tanggapan positif dari siswa terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM dengan hasil respon siswa sebesar 82%.

Keywords


STEM, LKPD,pemanasan global

Full Text:

PDF

References


Afnan Mahmood Freije, Tahani Hussain, Eman Ali Salman. (2016). Global Warming Awarness Among the University of Bahrain Science Students. Journal of the Association of Arab Universities for Basic Applied Science, 9-16.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for Their Future. Retrieved 2021, from http://coseeos.umaine.edu/files/coseeos/21st_century_skills.pdf

D.I Yuliati, D. Yulianti, S. Khanafiyah. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 23-27.

Darmojo,Hendro, Jenny R.E Kaligis. (1992). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Endang Novita Tjiptiyany, abdur rahman, makbul Muksar. (2016). Pengembangan Modul pembelajaraan untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang 1(10). Jurnal Pendidikan.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Ineu Gustiani, Ari Widodo, & Irma rahma Suwarma. (2017). Developmen and Validation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Based Intructional Materian. AIP Conference Precidings , (pp. 1-7).

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), (pp. 453-460). Semarang.

Nienke Nieeven, McKenney, Akker J.V. (2006). Educational Design Research the Value of Variety. London: Routhledge.

Pamela Cantrell, Gokhan Pekcan, Ahmad Itani, Norma Velasquez-Bryant. (2006). The Effect of Engineering Modules on Student Learning in Midle School Classroom. Journal of Engineering Education 95 (4), 301-309.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putri, D. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Maping pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 4(2).

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teacher 71 (8), 1-4.

Sri Sutiyani, S. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing pada Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Tema Global Warming dan Dampaknya bagi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Sains.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memmecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81-90.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana. Surabaya: ITS.

Yusuf, I. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Empece pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta Thaun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 19(1), 71-78.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.15539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

  

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats