PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATHICS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PEMANASAN GLOBAL DI SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnan Mahmood Freije, Tahani Hussain, Eman Ali Salman. (2016). Global Warming Awarness Among the University of Bahrain Science Students. Journal of the Association of Arab Universities for Basic Applied Science, 9-16.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for Their Future. Retrieved 2021, from http://coseeos.umaine.edu/files/coseeos/21st_century_skills.pdf
D.I Yuliati, D. Yulianti, S. Khanafiyah. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7, 23-27.
Darmojo,Hendro, Jenny R.E Kaligis. (1992). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Endang Novita Tjiptiyany, abdur rahman, makbul Muksar. (2016). Pengembangan Modul pembelajaraan untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang 1(10). Jurnal Pendidikan.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.
Ineu Gustiani, Ari Widodo, & Irma rahma Suwarma. (2017). Developmen and Validation of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Based Intructional Materian. AIP Conference Precidings , (pp. 1-7).
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), (pp. 453-460). Semarang.
Nienke Nieeven, McKenney, Akker J.V. (2006). Educational Design Research the Value of Variety. London: Routhledge.
Pamela Cantrell, Gokhan Pekcan, Ahmad Itani, Norma Velasquez-Bryant. (2006). The Effect of Engineering Modules on Student Learning in Midle School Classroom. Journal of Engineering Education 95 (4), 301-309.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putri, D. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Maping pada Materi Laju Reaksi untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 4(2).
Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teacher 71 (8), 1-4.
Sri Sutiyani, S. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing pada Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Tema Global Warming dan Dampaknya bagi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Sains.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memmecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81-90.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana. Surabaya: ITS.
Yusuf, I. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Empece pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Yogyakarta Thaun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 19(1), 71-78.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.15539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats