IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BESARAN VEKTOR DAN BESARAN SKALAR PADA KONSEP MOMENTUM DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mahasiswa mengenai besaran vektor dan skalar pada konsep momentum dan energi. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif menggunakan metode campuran. Populasinya adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Kompetisi Olimpiade Fisika tingkat Universitas Sriwijaya tahun 2021 pada bidang Fisika dengan jumlah sampel 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah metode tes. Pada tes ini juga disertakan tingkat keyakinan mahasiswa dalam menjawab soal dan alasan memberikan jawaban. Hasil peneltian menunjukkan bahwa sebanyak 60% mahasiswa menjawab pertanyaan dengan salah. Hal ini menunjukkan ketidakpahaman mahasiswa terhadap konsep, terutama pada operasi perkalian antara besaran vektor dan besaran skalar ataupun sesama besaran vektor. Kurangnya rasa kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa, juga menyebabkan kesalahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616
Barniol, P., & Zavala, G. (2014). Test of understanding of vectors: A reliable multiple-choice vector concept test. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.010121
Bollen, L., Van Kampen, P., Baily, C., Kelly, M., & De Cock, M. (2017). Student difficulties regarding symbolic and graphical representations of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.020109
Bollen, L., Van Kampen, P., & De Cock, M. (2015). Students’ difficulties with vector calculus in electrodynamics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020129
Elis Mediawati. (2010). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, 5, 134–136.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Handhika, J., Kurniadi, E., & Ahwan. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pohok Bahasan Analisis Vektor Melalui Inkuiri Terbimbing. JPFK, 2, 12–15.
Karim, S., Saepuzaman, D., & Sriyansyah, S. P. (2015). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1, 85–90.
Nguyen, N.-L., & Meltzer, D. E. (2003). Initial understanding of vector concepts among students in introductory physics courses. American Journal of Physics, 71(6), 630–638. https://doi.org/10.1119/1.1571831
Susiharti, & Ismet. (2017). Studi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Vektor di SMA Negeri 1 Inderalaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 99–105. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4296
Syuhendri, S., Andriani, N., & Taufiq, T. (2019). Preliminary development of Conceptual Change Texts regarding misconceptions on Basic Laws of Dynamics. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012013
Yulia, Silitionga, H. T. M., & Oktavianty, E. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN REFUTATION TEXT SEBAGAI MEDIA UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Universitas Tanjungpura.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.15718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats