• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BESARAN VEKTOR DAN BESARAN SKALAR PADA KONSEP MOMENTUM DAN ENERGI | Supardi | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    IDENTIFIKASI PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP BESARAN VEKTOR DAN BESARAN SKALAR PADA KONSEP MOMENTUM DAN ENERGI

    Supardi Supardi, Pradanto Poerwono, Hadir Kaban, Nilam Cahyati

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mahasiswa mengenai besaran vektor dan skalar pada konsep momentum dan energi. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif menggunakan metode campuran. Populasinya adalah seluruh mahasiswa yang mengikuti Kompetisi Olimpiade Fisika tingkat Universitas Sriwijaya tahun 2021 pada bidang Fisika dengan jumlah sampel 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah metode tes.  Pada tes ini juga disertakan tingkat keyakinan mahasiswa dalam menjawab soal dan alasan memberikan jawaban. Hasil peneltian menunjukkan bahwa sebanyak 60% mahasiswa menjawab pertanyaan dengan salah. Hal ini menunjukkan ketidakpahaman mahasiswa terhadap konsep, terutama pada operasi perkalian antara besaran vektor dan besaran skalar ataupun sesama besaran vektor. Kurangnya rasa kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa, juga menyebabkan kesalahan.


    Keywords


    Vektor, Skalar, Momentum, Energi

    Full Text:

    PDF

    References


    Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616

    Barniol, P., & Zavala, G. (2014). Test of understanding of vectors: A reliable multiple-choice vector concept test. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.010121

    Bollen, L., Van Kampen, P., Baily, C., Kelly, M., & De Cock, M. (2017). Student difficulties regarding symbolic and graphical representations of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.020109

    Bollen, L., Van Kampen, P., & De Cock, M. (2015). Students’ difficulties with vector calculus in electrodynamics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020129

    Elis Mediawati. (2010). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN, 5, 134–136.

    Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

    Handhika, J., Kurniadi, E., & Ahwan. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pohok Bahasan Analisis Vektor Melalui Inkuiri Terbimbing. JPFK, 2, 12–15.

    Karim, S., Saepuzaman, D., & Sriyansyah, S. P. (2015). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1, 85–90.

    Nguyen, N.-L., & Meltzer, D. E. (2003). Initial understanding of vector concepts among students in introductory physics courses. American Journal of Physics, 71(6), 630–638. https://doi.org/10.1119/1.1571831

    Susiharti, & Ismet. (2017). Studi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Vektor di SMA Negeri 1 Inderalaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 99–105. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4296

    Syuhendri, S., Andriani, N., & Taufiq, T. (2019). Preliminary development of Conceptual Change Texts regarding misconceptions on Basic Laws of Dynamics. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012013

    Yulia, Silitionga, H. T. M., & Oktavianty, E. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN REFUTATION TEXT SEBAGAI MEDIA UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Universitas Tanjungpura.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v8i2.15718

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats