• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA MENGGUNAKAN SSCS PROBLEM-SOLVING DISERTAI CPS PADA MATERI HUKUM NEWTON | Zahroh | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA MENGGUNAKAN SSCS PROBLEM-SOLVING DISERTAI CPS PADA MATERI HUKUM NEWTON

    Shofi Hikmatuz Zahroh, Ahmad Fauzi, Rikardus Feribertus Nikat

    Abstract


    Pemahaman konseptual merupakan hal dasar dan penting dalam pembelajaran sehingga masih selalu dibahas dalam penelitian hingga saat ini. Namun, penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman konseptual pada materi Hukum Newton tergolong rendah. Untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa, model pembelajaran SSCS problem solving disertai CPS diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian embedded-experimental design ini dilakukan pada salah satu SMA di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan intrumen tes pemahaman konseptual, pedoman wawancara, dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa berbeda secara signifikan antara pretest dan posttest meskipun peningkatannya tergolong rendah (N-gain = 0,23). Rendahnya peningkatan tersebut dapat dipengaruhi oleh miskonsepsi yang masih dimiliki dan melekat kuat dalam pemikiran siswa. Selain itu, model pembelajaran tersebut juga memiliki efektivitas yang sedang (effect size = 0,77) terhadap pemahaman konseptual siswa.


    Keywords


    Pemahaman konseptual, CPS, SSCS Problem Solving, Hukum Newton

    Full Text:

    PDF

    References


    Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. Boston: Addison Wesley Longman, Inc.

    Aviani, I., Erceg, N., & Meši?, V. (2015). Drawing and using free body diagrams: Why it may be better not to decompose forces. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–14. http://doi.org/10.1103/ PhysRevSTPER.11.020137

    Creswell, W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches (second). California: Sage Publication.

    Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 1–58. http://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

    Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics, 020106, 1–13. http://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020106

    Edmonds, W. A., & Kennedy, T. D. (2017). An applied guide to research designs : quantitative, qualitative, and mixed methods. Retrieved from http://cataleg.udg.edu/record=b1385214~S10*cat

    Gok, T. (2012). The Impact Of Peer Instruction On College Students’ Beliefs About Physics And Conceptual Understanding Of Electricity And Magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, 417–436.

    Hill, M., Sharma, M. D., & Johnston, H. (2015). How online learning modules can improve the representational fl uency and conceptual understanding of university physics students. European Journal of Physics, 36(4), 45019. http://doi.org/10.1088/0143-0807/36/4/045019

    Johan, H. (2014). Pembelajaran Model Search, Solve, Create And Share (Sscs) Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 103–110.

    Lin, S. Y., & Singh, C. (2015). Effect of scaffolding on helping introductory physics students solve quantitative problems involving strong alternative conceptions. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–19. http://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020105

    Savinainen, A., Mäkynen, A., Nieminen, P., & Viiri, J. (2013). Does using a visual-representation tool foster students’ ability to identify forces and construct free-body diagrams? Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(1), 1–11. http://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.9.010104

    Savinainen, A., Nieminen, P., & Viiri, J. (2015). The effect of a visual tool representation, (September), 1–17.

    Taibu, R., Rudge, D., & Schuster, D. (2015). Textbook presentations of weight : Conceptual difficulties and language ambiguities, 010117, 1–20. http://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.010117

    Waldrip, B., Prain, V., & Sellings, P. (2013). Explaining Newton ’ s laws of motion : using student reasoning through representations to develop conceptual understanding, 165–189. http://doi.org/10.1007/s11251-012-9223-8




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.16653

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats