• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI DAN KONSISTENSI ILMIAH MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA KONSEP GERAK, HUKUM NEWTON, USAHA DAN ENERGI | . | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI DAN KONSISTENSI ILMIAH MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA KONSEP GERAK, HUKUM NEWTON, USAHA DAN ENERGI

    Murtono .

    Abstract


    Telah dilakukan pengukuran terhadap kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam menyelesaikan permasalahan gerak, hukum Newton, usaha dan energi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat konsistensi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal pilihan ganda yang valid dan reliabel terhadap 401 mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah menempuh mata kuliah Fiska Dasar I. Soal terdiri dari enam pernyataan, dengan masing-masing pernyataan dibuat empat representasi yang berbeda, sehingga total terdapat 24 soal pilihan ganda. Mahasiswa diminta untuk memilih option dari jawaban yang tersedia. Konsistensi representasi didasarkan pada kesamaan jawaban pada soal dengan representasi berbeda, sedangkan konsistensi ilmiah didasarkan pada kesamaan jawaban yang benar pada soal representasi berbeda. Hasil diperoleh untuk konsistensi representasi adalah 30% mahasiswa berada pada level konsisten, 45,5 % pada level cukup konsisten, dan terendah pada level kurang konsisten adalah 24,5%. Sedangkan pada konsistensi ilmiah terdapat 18,7% pada level konsisten, 23,4% pada level cukup konsisten, 24,5% pada level kurang konsisten, dan 21,9% pada level tidak konsisten.

    Keywords


    multi representasi, konsistensi representasi, konsistensi ilmiah



    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v1i2.1798

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c)



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats