PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI DAN KONSISTENSI ILMIAH MAHASISWA CALON GURU FISIKA PADA KONSEP GERAK, HUKUM NEWTON, USAHA DAN ENERGI

Murtono .

Abstract


Telah dilakukan pengukuran terhadap kemampuan mahasiswa calon guru fisika dalam menyelesaikan permasalahan gerak, hukum Newton, usaha dan energi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat konsistensi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal pilihan ganda yang valid dan reliabel terhadap 401 mahasiswa Pendidikan Fisika yang telah menempuh mata kuliah Fiska Dasar I. Soal terdiri dari enam pernyataan, dengan masing-masing pernyataan dibuat empat representasi yang berbeda, sehingga total terdapat 24 soal pilihan ganda. Mahasiswa diminta untuk memilih option dari jawaban yang tersedia. Konsistensi representasi didasarkan pada kesamaan jawaban pada soal dengan representasi berbeda, sedangkan konsistensi ilmiah didasarkan pada kesamaan jawaban yang benar pada soal representasi berbeda. Hasil diperoleh untuk konsistensi representasi adalah 30% mahasiswa berada pada level konsisten, 45,5 % pada level cukup konsisten, dan terendah pada level kurang konsisten adalah 24,5%. Sedangkan pada konsistensi ilmiah terdapat 18,7% pada level konsisten, 23,4% pada level cukup konsisten, 24,5% pada level kurang konsisten, dan 21,9% pada level tidak konsisten.

Keywords


multi representasi, konsistensi representasi, konsistensi ilmiah



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v1i2.1798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats