• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS DI SMA NEGERI 2 MUARA BELITI | . | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS DI SMA NEGERI 2 MUARA BELITI

    Rusipal .

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk, yaitu: mengembangkan multimedia pokok bahasan listrik statis yang valid, praktis dan efektifitas terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap perencanaan (planning); (2) tahap pengembangan (develop); dan (3) tahap evaluasi (evaluation). Evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; (4) small group; dan (5) field test. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi pakar, angket tanggapan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Semua data yang dikumpulkan ini dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pada tahap expert review didapatkan nilai rerata nilai validasi ahli sebesar 4,69 dengan kategori sangat baik, dan pada tahap one-to-one evaluation didapatkan nilai rata-rata tanggapan siswa sebesar 4,49 dengan berkategori sangat baik. Sedangkan pada tahap small group,didapatkan persentase keaktivan siswa sebesar 90,59% dengan kategori sangat baik, rerata tanggapan siswa sebesar 4,28 dengan kategori sangat baik dan rerata hasil belajar siswa diperoleh sebesar 78,33 dengan dikategori tinggi. Pada tahap field test, persentase keaktivan siswa sebesar 85,86% dengan kategori sangat baik, dan rerata tanggapan siswa sebesar 4,39 dengan kategori sangat baik, serta rerata hasil belajar siswa sebesar 79,12 dengan dikategori tinggi. Dari semua tahap evaluasi formatif dapat disimpulkan bahwa multimedia pokok bahasan listrik statis yang peneliti kembangkan dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Keywords


    Pengembangan, Multimedia, Listrik Statis



    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v1i2.1807

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c)



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats