• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • DESAIN LKPD FISIKA MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI PHYPOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK | Sofia | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    DESAIN LKPD FISIKA MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI PHYPOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

    Ana Sofia, Pujianti Bejahida Donuata, Erwin Prasetyo, Sahlan Sahlan

    Abstract


    Belajar fisika menggunakan media dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah adalah LKPD. Dengan menggunakan LKPD, peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep-konsep fisika serta dapat mempermudah guru untuk menjelaskan konsep-konsep fisika tersebut. Hubungan sinergi yang saling memperkuat yang dimiliki pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Dengan kemampuan berpikir yang baik, peserta didik  akan terbiasa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-harinya. Strategi tersebut memerlukan inovasi dan kreativitas, sehingga untuk membantu peserta didik memahami suatu materi pembelajaran. Salah satu aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi Phypox. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD fisika menyenangkan dengan aplikasi phypox untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Tipe penelitian yang digunakan  yaitu pengembangan (R&D) yang mengacu mode 4D yaitu: Define, Design, Development, and Dessiminat. Hasil penelitian menujukan bahwa LKPD menyenangkan dengan aplikasi phypox untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik layak dipakai dengan nilai standar Gain sebesar 0,41 dengan kategori sedang

    Keywords


    LKPD, Phypox, R&D, Kemampuan Berpikir Kreatif

    Full Text:

    PDF

    References


    Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47-62.

    Aslinda, N., Hufri, H., & Amir, H. (2017). Design LKPD Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory pada Materi Fluida Dinamis dan Teori Kinetik Gas dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education, 10(1).

    Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96.

    Istiyani, D., Zamroni, Z., & Arikunto, S. (2017). A model of madrasa ibtidaiya quality evaluation. REiD (Research and Evaluation in Education), 3(1), 28-41.

    Kristiyani, Y., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2020). Pengaruh aplikasi sensor smartphone pada pembelajaran simple harmonic motion berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 138-149.

    Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141.

    Nuniati, N., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Pengembangan Lkpd Terintegrasi Hots Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika , 7 (2), 366-370.

    Valencia, G. N., & Sudibyo, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayananan terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Penerbangan Batik Air. CARAKA: Indonesian Journal of Communication, 2(2), 89-103.

    Nazliati, N., Sari, R., & Fitriani, F. (2019). Diagnosis Kecemasan Statistik Pendidikan Pada Mahasiswa Non-Matematika FTIK IAIN Langsa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 61-75.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.18651

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats