PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA
Vera Liana Putri, Ismu Wahyudi
Abstract
Di era revolusi industri 4.0, dapat dilakukan inovasi pembelajaran dalam pengambilan data praktikum dengan memanfaatkan teknologi digital menggunakan sensor smartphone untuk membantu siswa dalam mengamati objek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh praktikum menggunakan Physics Toolbox Sensor Suite berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan interpretasi grafik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,71 kategori tinggi. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkanpengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan dari nilai Cohen’s (d) sebesar 1,21 dengan kategori besar.