• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA | Putri | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGARUH PRAKTIKUM MENGGUNAKAN PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA

    Vera Liana Putri, Ismu Wahyudi

    Abstract


    Di era revolusi industri 4.0, dapat dilakukan inovasi pembelajaran dalam pengambilan data praktikum dengan memanfaatkan teknologi digital menggunakan sensor smartphone untuk membantu siswa dalam mengamati objek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh praktikum menggunakan Physics Toolbox Sensor Suite berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan interpretasi grafik dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,71 kategori tinggi. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan pengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan interpretasi grafik siswa. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan dari nilai Cohen’s (d) sebesar 1,21 dengan kategori besar.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.18715

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats