PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KRISTEN TOUNWAWAN KECAMATAAN MOA

Yulita Karolina Meikudy, Ketarina Esomar, Asry N Latupeirissa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS)  dapat meningkatkan penguasaan materi gaya peserta didik. Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Kristen Tounwawan yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA yang berjumlah 24 orang, diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak kelas (random sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik pada tes awal berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata 30.65, sehingga semua indikator dalam penelitian ini harus diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada proses pembelajaran yang dilakukan kemampuan kognitif peserta didik menjadi baik, hal ini terlihat rata-rata pencapaian yang dinilai dengan menggunakan LKPD 84. Selain itu dapat dibuktikan dengan rata-rata pencapaian skor akhir 79.52. dari perolehan tersebut dapat dilihat peningkatan peserta didik dengan rata-rata gain peserta didik sebesar 0.70 termasuk dalam kategori Sedang. Sehingga dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pemebalajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan penguasaan materi gaya peserta didik kelas VIIIA SMP Kristen Tounwawan.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif TSTS, Penguasaan Materi, Gaya

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Eggen, dan Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Fatchuroziq. 2013. Studi Korelasi Tentang Penguasaan Pembelajaran PAI Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri I Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung

Febriyanti, Jampel, Syahruddin. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2 No. 1

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kagan, K. 1992 Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan: Cooperative Learning

Karli, H dan Yuliariatiningsih, M.S. (2003). Model Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi

Lie, A. 2011. Cooperative Learning (mempraktekan cooperative learning diruang-ruang kelas). Jakarta: Grasindo

Poerwadarminto, WJS. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka, Jakarta, 1989.

Purwanto, 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta: Pustaka Belajar

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sari, D. P. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu. Pendidikan IPA Indonesia.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Suheri, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gaya Magnet Pada Siswa . Ilmiah Maksitek, 23.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam pendidikan. Jogjakarta:Kanisius

Susanto, J. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di SD . Journal of Primary Educational, 75.

Syah M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Trianto. 2014. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher,

Wulandari, F. E. 2017. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Di Sma Swadhipa Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i2.19004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats