PENGEMBANGAN APLIKASI ETNOFISIKA BERBASIS ANDROID PADA PERMAINAN TRADISIONAL GASING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Aziza Greyta Gifani, Wiwin Novianti, Luthfiyah Nabila, Yoga Budi Bhakti

Abstract


Seiring arus globalisasi, teknologi berkembang pesat dan jaringan internet mudah diakses di seluruh dunia membuat masyarakat terfokus pada dunia luar yang dilihat melalui internet. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini dapat membuat masyarakat Indonesia melupakan budayanya sendiri. Etnofisika merupakan keterkaitan konsep fisika yang ada dalam budaya. Pada permainan tradisional gasing terdapat konsep fisika yang dapat dipelajari. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan teknologi yang dapat membantu mengenalkan budaya Indonesia dan menjadi media pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan pengaruh aplikasi etnofisika berbasis android pada permainan tradisional gasing terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Uji validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Berdasarkan pengumpulan data validasi yang telah dilakukan oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,8% valid dan telah diuji oleh Siswa-siswi Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dalam angket respon siswa yang kami berikan mendapatkan hasil persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik.

Keywords


Teknologi, Etnofisika, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021, July). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1), Faculty of Mathematics and Sciences, Indraprasta PGRI University.

Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. (2021). Identifikasi Budaya Menjemur Padi “MOE” di Lebak sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnofisika. NUCLEUS, 2(1), 33-38. DOI: https://doi.org/10.37010/nuc.v2i1.409

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., Nurullaeli, N., & Rangka, I. B. (2018, November). The impact of pocket mobile learning to improve critical thinking skills in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, No. 1, p. 012030). IOP Publishing.

Atmojo S.E. Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. J Pendidik IPA Indonesia. 2012; 1(2):115–22. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.

Budiarti, I. S., Winarti, W., & Viyanti, V. Designing Physics Learning Based on Local Potential During New Normal Era. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research. 2022; 3(1), 30-40. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i1.53.

Ebere, I., & Appolonia, A. N. (2017). Effects of Ethnoscience and traditional laboratory practical on science process skills acquisition of secondary school biology students in Nigeria. British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 1(1), 10-21.

Hasanah, N (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Batak untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kerjasama Pada Siswa Fisika SMA. Unpublished Thesis. Medan: Universitas Negeri Medan.

Supahar, Abdulfattah A, Sukardiyono, Putranta H. The Development of Mobile Learning-Assisted Local Culture-Based Subject Specific Pedagogy in Realizing the Learning Outcomes of Physics Subject. In: International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019). 2020; p. 71–8. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.014.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.19338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats