PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Putri Rose Amanda Puri, Riki Perdana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada materi momentum sudut dan keseimbangan benda tegar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan jenis 4D meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan yang diisi oleh dosen dan mahasiswa pendidikan fisika yang sedang menempuh semester lima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak dengan skor akhir rata-rata sebesar 95% untuk RPP, 91% untuk LKPD, dan 92% untuk instrumen tes. Perangkat pembelajaran telah direvisi sesuai dengan saran dari responden sehingga perangkat pembelajaran dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.


Keywords


Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Fisika; Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Pemecahan Masalah; Momentum Sudut dan Keseimbangan Benda Tegar; Pendidikan Fisika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 67-78.

Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi pelaksanaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 52-59.

Dachliyani, L., & Sos, S. (2019). Instrumen Yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (Evaluasi Pembelajaran). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57-65.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI nomor 20, tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Herlinda, H., Wsistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Lebong Sakti. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Hikmah, D. H., Zulirfan, Z., & Sudrajad, H. S. (2015). Pengembangan Lks Berbasis Video Percobaan Giroskop sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA pada Topik Penerapan Konsep Hukum Kekekalan Momentum Sudut (Doctoral dissertation, Riau University).

Juniarta, A. T., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Pjok) kelas Xi semester gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1659-1664. Materi Perkuliahan Penilaian Hasil Belajar Fisika oleh Prof. Dr. Mundilarto, M.Pd.

Kawiyah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10 (2), Hal. 201-210.

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model” Keterampilan abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Sarkity, D., Yuliati, L., & Hidayat, A. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Vol. 1. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. ISBN: 978-602-9286-21-2.

Setyawan, D. N., Sarwanto, S., & Aminah, N. S. (2017). Pengembangan pembelajaran berbasis saintifik pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi verbal siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2017). Analisis pembelajaran berdasarkan profil kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas x sma. Research Report.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.19992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats