Efektivitas Penggunaan Centrifuge Manual Sederhana Sebagai Alat Peraga Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Abstract
This study aims to find out how the effectiveness of using a simple manual centrifuge as a laboratory tool and teaching aid in science learning affects student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City. The research method is included in the Quasi Experimental Design in the form of a Nonequivalent Control Group Design. Based on the results of testing the hypothesis of the post-test data for the experimental and control classes using the calculation of the t test using the Independent Sample t test formula, the results are known to have a significance value (0.000 <0.05) so that it can be concluded that Hi is accepted. So the average post-test science learning outcomes of students in the experimental class using a simple manual centrifuge as a visual aid is higher than the average learning outcomes of the control class without using visual aids. So it can be concluded that the use of a simple manual centrifuge as a laboratory tool and as a visual aid in science learning is used effectively for class VII student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City
Keywords: Teaching Aids, Centrifuge, Science Learning Outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan alat peraga dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian termasuk kedalam Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data post-test terhadap kelas eksperimen dan kontrol menggunakan dengan perhitungan uji t menggunakan rumus Independent Sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Hi diterima. Maka rata-rata hasil belajar IPA post-test siswa kelas eksperimen yang menggunakan Centrifuge manual sederhana sebagai alat peraga lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA yang digunakan efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu
Kata kunci : Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amin, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pai Pokok Bahasan Aspek Akidah Berbasis Pembelajaran Metafora Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smpn 17 Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 3(1). 31. https://doi.org/10.29300/mjppm.v3i1.2342
Amin, A., & Alimni. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah.
Amin, A., Alimni, & Lestari, M. (2021). Student Perception of Interactions Between Students and Lectuters, Learning Motivation, and Environment During Pandemic Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. 23(3). 248–260. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.21481
Ananda, Rusydi., Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3586
Elliwati, Hasibuan. (2018). Pengenalan Centrifuge pada Mahasiswa yang Melakukan Penelitian di Laboratorium Terpadu Imunologi Fakultas Kedokteran USU. Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11627
Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, M., Telaumbanua, T., Marsa, L. D., Selatan, N., & Sitoli, G. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Index Card Match. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1). 1–14. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602
Hasil wawancara peneliti dengan guru IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu pada tanggal 8 Januari 2021
Munawar, Jumarddin La Fua, Abdul Kadir, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute. Kulidawa. 1(1). 6. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1802
Nurul Aisyah, Mukhammad Aji Fatkhurrohman, B. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 2(1). 62. https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.882
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. 3(1). 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Observasi Awal Di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, Tanggal 8 Januari 2021
Panjaitan, B., Harahap, S., Kesya, ), Lumbantobing, N., Romadhon, S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Sudama, B. (2021). Rancang Bangun Pewaktu Centrifuge Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler At89S51. Agustus, 29(2), 298–307. DOI: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1580
Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2018). Efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 102. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10988
R. Alfian and A. K. Nugroho. (2021). Perancangan mesin centrifuge berbasis kontrol pulse width modulation (pwm) dengan menggunakan mikrokontroller node mcu untuk memisahkan partikel organel darah, Universitas Semarang
Saad Bhamla, M., Benson, B., Chai, C., Katsikis, G., Johri, A., & Prakash, M. (2016). Paperfuge: An ultra-low cost, hand-powered centrifuge inspired by the mechanics of a whirligig toy. 1–17. https://doi.org/10.1101/072207
Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Wahyuni, Khaeruddin, I. (2017). Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi IPA Kelas Iv SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(1), 249–267. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1084
Zubaedi, Alfauzan Amin, Asiyah, Suhirman, Alimni, Aam Amaliyah, D. A. K. (2021). Learning style and motivation: gifted young students in meaningful learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 57–66. https://doi.org/10.17478/jegys.817277
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.20006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats