• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Efektivitas Penggunaan Centrifuge Manual Sederhana Sebagai Alat Peraga Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa | Ismarliana | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Efektivitas Penggunaan Centrifuge Manual Sederhana Sebagai Alat Peraga Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa

    Pisi Ismarliana, Alfauzan Amin, Wiji Aziiz Hari Mukti

    Abstract


    Abstract

    This study aims to find out how the effectiveness of using a simple manual centrifuge as a laboratory tool and teaching aid in science learning affects student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City. The research method is included in the Quasi Experimental Design in the form of a Nonequivalent Control Group Design. Based on the results of testing the hypothesis of the post-test data for the experimental and control classes using the calculation of the t test using the Independent Sample t test formula, the results are known to have a significance value (0.000 <0.05) so that it can be concluded that Hi is accepted. So the average post-test science learning outcomes of students in the experimental class using a simple manual centrifuge as a visual aid is higher than the average learning outcomes of the control class without using visual aids. So it can be concluded that the use of a simple manual centrifuge as a laboratory tool and as a visual aid in science learning is used effectively for class VII student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City

    Keywords: Teaching Aids, Centrifuge, Science Learning Outcomes

    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan alat peraga dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian termasuk kedalam Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data post-test terhadap kelas eksperimen dan kontrol menggunakan dengan perhitungan uji t menggunakan rumus Independent Sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Hi diterima. Maka rata-rata hasil belajar IPA post-test siswa kelas eksperimen yang menggunakan Centrifuge manual sederhana sebagai alat peraga lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA yang digunakan efektif  terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu

    Kata kunci : Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA


    Keywords


    Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA

    Full Text:

    PDF

    References


    DAFTAR PUSTAKA

    Amin, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pai Pokok Bahasan Aspek Akidah Berbasis Pembelajaran Metafora Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smpn 17 Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 3(1). 31. https://doi.org/10.29300/mjppm.v3i1.2342

    Amin, A., & Alimni. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah.

    Amin, A., Alimni, & Lestari, M. (2021). Student Perception of Interactions Between Students and Lectuters, Learning Motivation, and Environment During Pandemic Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. 23(3). 248–260. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.21481

    Ananda, Rusydi., Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3586

    Elliwati, Hasibuan. (2018). Pengenalan Centrifuge pada Mahasiswa yang Melakukan Penelitian di Laboratorium Terpadu Imunologi Fakultas Kedokteran USU. Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11627

    Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, M., Telaumbanua, T., Marsa, L. D., Selatan, N., & Sitoli, G. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Index Card Match. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1). 1–14. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

    Hasil wawancara peneliti dengan guru IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu pada tanggal 8 Januari 2021

    Munawar, Jumarddin La Fua, Abdul Kadir, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute. Kulidawa. 1(1). 6. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1802

    Nurul Aisyah, Mukhammad Aji Fatkhurrohman, B. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 2(1). 62. https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.882

    Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. 3(1). 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

    Observasi Awal Di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, Tanggal 8 Januari 2021

    Panjaitan, B., Harahap, S., Kesya, ), Lumbantobing, N., Romadhon, S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Sudama, B. (2021). Rancang Bangun Pewaktu Centrifuge Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler At89S51. Agustus, 29(2), 298–307. DOI: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1580

    Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2018). Efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 102. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10988

    R. Alfian and A. K. Nugroho. (2021). Perancangan mesin centrifuge berbasis kontrol pulse width modulation (pwm) dengan menggunakan mikrokontroller node mcu untuk memisahkan partikel organel darah, Universitas Semarang

    Saad Bhamla, M., Benson, B., Chai, C., Katsikis, G., Johri, A., & Prakash, M. (2016). Paperfuge: An ultra-low cost, hand-powered centrifuge inspired by the mechanics of a whirligig toy. 1–17. https://doi.org/10.1101/072207

    Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta

    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

    Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

    Wahyuni, Khaeruddin, I. (2017). Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi IPA Kelas Iv SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(1), 249–267. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1084

    Zubaedi, Alfauzan Amin, Asiyah, Suhirman, Alimni, Aam Amaliyah, D. A. K. (2021). Learning style and motivation: gifted young students in meaningful learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 57–66. https://doi.org/10.17478/jegys.817277




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.20006

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats