Efektivitas Penggunaan Centrifuge Manual Sederhana Sebagai Alat Peraga Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pisi Ismarliana, Alfauzan Amin, Wiji Aziiz Hari Mukti

Abstract


Abstract

This study aims to find out how the effectiveness of using a simple manual centrifuge as a laboratory tool and teaching aid in science learning affects student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City. The research method is included in the Quasi Experimental Design in the form of a Nonequivalent Control Group Design. Based on the results of testing the hypothesis of the post-test data for the experimental and control classes using the calculation of the t test using the Independent Sample t test formula, the results are known to have a significance value (0.000 <0.05) so that it can be concluded that Hi is accepted. So the average post-test science learning outcomes of students in the experimental class using a simple manual centrifuge as a visual aid is higher than the average learning outcomes of the control class without using visual aids. So it can be concluded that the use of a simple manual centrifuge as a laboratory tool and as a visual aid in science learning is used effectively for class VII student learning outcomes at SMPN 14 Bengkulu City

Keywords: Teaching Aids, Centrifuge, Science Learning Outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan alat peraga dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian termasuk kedalam Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data post-test terhadap kelas eksperimen dan kontrol menggunakan dengan perhitungan uji t menggunakan rumus Independent Sample t test hasil diketahui nilai signifikansi (0,000 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan Hi diterima. Maka rata-rata hasil belajar IPA post-test siswa kelas eksperimen yang menggunakan Centrifuge manual sederhana sebagai alat peraga lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan centrifuge manual sederhana sebagai alat laboratorium dan sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA yang digunakan efektif  terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu

Kata kunci : Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA


Keywords


Alat Peraga, Centrifuge, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pai Pokok Bahasan Aspek Akidah Berbasis Pembelajaran Metafora Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Smpn 17 Kota Bengkulu. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 3(1). 31. https://doi.org/10.29300/mjppm.v3i1.2342

Amin, A., & Alimni. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah.

Amin, A., Alimni, & Lestari, M. (2021). Student Perception of Interactions Between Students and Lectuters, Learning Motivation, and Environment During Pandemic Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan. 23(3). 248–260. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i3.21481

Ananda, Rusydi., Muhammad Fadhli. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3586

Elliwati, Hasibuan. (2018). Pengenalan Centrifuge pada Mahasiswa yang Melakukan Penelitian di Laboratorium Terpadu Imunologi Fakultas Kedokteran USU. Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11627

Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, M., Telaumbanua, T., Marsa, L. D., Selatan, N., & Sitoli, G. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Index Card Match. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1). 1–14. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Hasil wawancara peneliti dengan guru IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu pada tanggal 8 Januari 2021

Munawar, Jumarddin La Fua, Abdul Kadir, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute. Kulidawa. 1(1). 6. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1802

Nurul Aisyah, Mukhammad Aji Fatkhurrohman, B. W. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 2(1). 62. https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.882

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. 3(1). 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Observasi Awal Di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu, Tanggal 8 Januari 2021

Panjaitan, B., Harahap, S., Kesya, ), Lumbantobing, N., Romadhon, S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Sudama, B. (2021). Rancang Bangun Pewaktu Centrifuge Dengan Tampilan Seven Segment Berbasis Mikrokontroler At89S51. Agustus, 29(2), 298–307. DOI: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1580

Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2018). Efektivitas penggunaan alat peraga sederhana berbasis pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi fluida statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 102. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10988

R. Alfian and A. K. Nugroho. (2021). Perancangan mesin centrifuge berbasis kontrol pulse width modulation (pwm) dengan menggunakan mikrokontroller node mcu untuk memisahkan partikel organel darah, Universitas Semarang

Saad Bhamla, M., Benson, B., Chai, C., Katsikis, G., Johri, A., & Prakash, M. (2016). Paperfuge: An ultra-low cost, hand-powered centrifuge inspired by the mechanics of a whirligig toy. 1–17. https://doi.org/10.1101/072207

Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Wahyuni, Khaeruddin, I. (2017). Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi IPA Kelas Iv SDN Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(1), 249–267. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1084

Zubaedi, Alfauzan Amin, Asiyah, Suhirman, Alimni, Aam Amaliyah, D. A. K. (2021). Learning style and motivation: gifted young students in meaningful learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 57–66. https://doi.org/10.17478/jegys.817277




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i1.20006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats