IMPLEMENTASI IBL DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM MATERI PERUBAHAN IKLIM

Al Khodri, Abdurrahman Abdurrahman, Hervin Maulina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh IBL STEM dengan Flipped Classroom pada topik perubahan iklim terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagelaran Pringsewu. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir sistem dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,72 kategori tinggi. Hasil Independent Sample T-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang menunjukkan pengaruh treatment secara signifikan terhadap kemampuan berpikir sistem siswa. Besarnya pengaruh treatment juga ditunjukkan dari nilai Cohen’s (d) sebesar 2,79 dengan kategori besar. Hal ini menunjukan  pembelajaran fisika pada materi perubahan iklim menggunakan model Inquiry Based Learning STEM dengan Flipped Classroom berpengaruh meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa.

Keywords


Flipped Classroom; Kemampuan Berpikir Sistem; Inquiry Based Learning (IBL); STEM

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Nurulsari, N., Maulina, H., & Ariyani, F. (2019). Design and Validation of Inquiry-based STEM Learning Strategy as a Powerful Alternative Solution to Facilitate Gift Students Facing 21st Century Challenging. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(1), 33–56. https://doi.org/10.17478/jegys.513308

Abdurrahman, Ariyani, F., Achmad, A., & Nurulsari, N. (2019). Designing an Inquiry-based STEM Learning strategy as a Powerful Alternative Solution to Enhance Students’ 21 st -century Skills: A Preliminary Research. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012087. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012087

Aini, S. Nur. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Siswa SMA Kelas X untuk Mengukur Keterampilan Berhipotesis. Universitas Negeri Malang.

Asmuniv. (2015, May 15). Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner Dalam Menyosong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Capraro, R. M., Caproro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project Based Learning: an Integreted Science, Technology, Engineering, and Mathemetics (STEM) Approch. Rotterdam: Sense Publisher.

Clark, S., Petersen, J. E., Frantz, C. M., Roose, D., Ginn, J., & Rosenberg Daneri, D. (2017). Teaching systems thinking to 4th and 5th graders using Environmental Dashboard display technology. PLOS ONE, 12(4), e0176322. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0176322

Evagorou, M., Korfiatis, K., Nicolaou, C., & Constantinou, C. (2009). An Investigation of the Potential of Interactive Simulations for Developing System Thinking Skills in Elementary School: A case study with fifth?graders and sixth?graders. International Journal of Science Education, 31(5), 655–674. https://doi.org/10.1080/09500690701749313

Fitri, F., Herman, H., & Haris, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN MEMPREDIKSI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XII MIA SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 100. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15987

Hafizah, S. (2020). PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Iskandar, E. (2016). Pengunaan Multimedia Laboratorium Virtual Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 4 Lahat. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 61–65.

Meilinda, Rustaman, N. Y., Firman, H., & Tjasyono, B. (2018). Development and validation of climate change system thinking instrument (CCSTI) for measuring system thinking on climate change content. Journal of Physics: Conference Series, 1013, 012046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012046

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nattawut P., & Somkiat T. (2021). Using Digital Storytelling To Enhance Thai Student Analytical Thinking And Learning Achievement By Use Of A Flipped Classroom Environment Model And Inquiry-Based Learning (IBL). . PalArchs’ Journal of Archeology of Egypt/Egyptologi (PJAEE), 18(4), 1829–1843.

Nuraeni, R., Setiono, & Himatul, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Sistem Siswa Kelas XI SMA pada Materi Sistem Pernapasan. Pedagogi Hayati, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/ph.v4i1.2123

Rahayu, S., Abdurrahman, A., & Susana, W. (2022). Implementasi PBL Terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem Siswa SMA pada Topik Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 233–250. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12518

Saputri, A. Y., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2020). IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KECEMASAN KOGNITIF PESERTA DIDIK. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 118–128. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i2.11593

Sartika, D. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BERBASIS STEM DALAM KURIKULUM 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.797

Tarisalia, F., Irawan, I., & Fis, T. (2020). Studi Pustaka Miskonsepsi Siswa dalam Konsep Gerak Lurus, Gerak Parabola, dan Gerak Melingkar. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 208–217.

Waer, W. P., & Mawardi, M. (2021). Integrasi Model Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 1029–1037. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.498

York, S., Lavi, R., Dori, Y. J., & Orgill, M. (2019). Applications of Systems Thinking in STEM Education. Journal of Chemical Education, 96(12), 2742–2751. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00261




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.20330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats