• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING | murniati | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING

    murniati murniati, Richo Kusuma

    Abstract


    Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.  Tujuan penelitiannya untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa dalam berinteraksi, memahami materi, berkonsentrasi, mengerjakan tugas/ujian, serta berkolaborasi. Manfaat penelitiannya untuk mencarikan alternatif untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar pada mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang menampilkan grafik, distribusi frekuensi, dan tabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 29 butir pernyataan positif dan 5 skala pilihan/jawaban yang disebarkan secara online melalui WhatsApp yang berbentuk google form. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya berjumlah 42 responden. Terdapat lima indikator kesulitan belajar, yang paling tinggi kesuliatan dialami mahasiswa dalam berkonsentrasi dengan indeks  persen paling kecil 67,38% dan kesulitan belajar paling rendah dalam berkolaborasi karena indeks persenya paling tinggi 81,75%.


    Full Text:

    PDF

    References


    Abbas. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2017. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/3327/1/abbas.pdf

    Ariska, M. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147-154.

    Budiani, D. (2021). Interaksi Dosen- Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10578

    Christriantoro, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar Menggunakan Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.

    Dangwal, K. L. (2017). Blended Learning : An Innovative Approach. 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.05011 6

    Fatah, M., M. Suud, F., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea ,19, 89-102

    Fridaram, O., dkk . (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170.

    https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p16 1-170

    Harmon, M., dkk. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Philosophy of Science (Vol. 4, Issue 4). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/195

    Indarthi, A. W., dkk. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Matematika pada Masa Daring dan Luring. Anifah, 1(1), 6–11.

    Kereh, C. T., Liliasari, Tjiang, P. C., & Subandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36–46.

    Ratnawati, E., & Putra Utama, A. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 96–113.

    https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1. 8085

    Styo Siskawati, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dengan Perbedaan Nilai Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 4(2), 90–97.

    Sunasee, R. (2020). Challenges of Teaching Organic Chemistry during COVID-19 Pandemic at a Primarily Under graduate Institution. J. Chem. Educ. 97(9), 3176-3181.

    Sundawiyani, G., Ningsih, K., & Titin, T. (2022). Analysis of Student Learning Difficulties on Senior High School Scope of Biology. BIOEDUCATION JOURNAL, 6(1), 1–10.

    Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Analysis of Students Learning Difficulties in Education of Basic Physics Concepts Online in The Pandemic Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93–107.

    Wiswasta, I. G. N. A., dkk. (2017). Metode Penelitian Dan Analisis Statistik Kuantitatif Deskriptif ( Dilengkapi Contoh Model Penelitian ). Library.Unmas.Ac.Id, 1–66. http://library.unmas.ac.id/repository/EBK- 00041.pdf




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.22778

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats