ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA PENDAHULUAN FISIKA INTI DENGAN BLENDED LEARNING
Abstract
Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa dalam berinteraksi, memahami materi, berkonsentrasi, mengerjakan tugas/ujian, serta berkolaborasi. Manfaat penelitiannya untuk mencarikan alternatif untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar pada mahasiswa. Metode penelitiannya deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang menampilkan grafik, distribusi frekuensi, dan tabel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 29 butir pernyataan positif dan 5 skala pilihan/jawaban yang disebarkan secara online melalui WhatsApp yang berbentuk google form. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya berjumlah 42 responden. Terdapat lima indikator kesulitan belajar, yang paling tinggi kesuliatan dialami mahasiswa dalam berkonsentrasi dengan indeks persen paling kecil 67,38% dan kesulitan belajar paling rendah dalam berkolaborasi karena indeks persenya paling tinggi 81,75%.
Full Text:
PDFReferences
Abbas. (2018). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2017. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/3327/1/abbas.pdf
Ariska, M. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147-154.
Budiani, D. (2021). Interaksi Dosen- Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10578
Christriantoro, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar Menggunakan Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.
Dangwal, K. L. (2017). Blended Learning : An Innovative Approach. 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.05011 6
Fatah, M., M. Suud, F., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea ,19, 89-102
Fridaram, O., dkk . (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170.
https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p16 1-170
Harmon, M., dkk. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Philosophy of Science (Vol. 4, Issue 4). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/195
Indarthi, A. W., dkk. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Jurusan Matematika pada Masa Daring dan Luring. Anifah, 1(1), 6–11.
Kereh, C. T., Liliasari, Tjiang, P. C., & Subandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36–46.
Ratnawati, E., & Putra Utama, A. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 96–113.
https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1. 8085
Styo Siskawati, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dengan Perbedaan Nilai Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 4(2), 90–97.
Sunasee, R. (2020). Challenges of Teaching Organic Chemistry during COVID-19 Pandemic at a Primarily Under graduate Institution. J. Chem. Educ. 97(9), 3176-3181.
Sundawiyani, G., Ningsih, K., & Titin, T. (2022). Analysis of Student Learning Difficulties on Senior High School Scope of Biology. BIOEDUCATION JOURNAL, 6(1), 1–10.
Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 Analysis of Students Learning Difficulties in Education of Basic Physics Concepts Online in The Pandemic Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93–107.
Wiswasta, I. G. N. A., dkk. (2017). Metode Penelitian Dan Analisis Statistik Kuantitatif Deskriptif ( Dilengkapi Contoh Model Penelitian ). Library.Unmas.Ac.Id, 1–66. http://library.unmas.ac.id/repository/EBK- 00041.pdf
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.22778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats