• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.3 SMPN 1 SUNGAI ROTAN | Kendali | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.3 SMPN 1 SUNGAI ROTAN

    Novi Bromo Kendali

    Abstract


    Penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas VIII. 3 SMP Negeri 1 Sungai Rotan dengan tujuan untuk meningkatkan  aktivitas dan hasil belajar siswa  pada materi  sistem pencernaan dengan menerapkan model Problem Based Learning. Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa dari KKM hasil rata-rata ulangan harian siswa  kelas VIII.3 yang berjumlah 34 orang . 12 orang (35,29%) mendapat nilai di bawah 6,5 dengan nilai rata-rata kelas 6,55. Kelemahan terjadi karena pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah. Agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran diterapkan model Problem Based Learning.  Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus I membahas materi  : zat makanan pada manusia, siklus II membahas materi  saluran pencernaan manusia. Langkah-langkah setiap siklus adalah sebagai berikut : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif  37,74 %  pada siklus I menjadi 73,04 % pada siklus II. Aktivitas negatif  menurun dari  20,58 %  pada siklus I  menjadi 2,94% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan, pada siklus I dari nilai rata-rata 74,5, ketuntasan klasikal 79,41% menjadi nilai rata-tata 79,5 ketuntasan klasikal  88,23% pada siklus II.  Dapat disimpulkan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Sungai Rotan

    Keywords


    Aktivitas siswa, Hasil belajar, Problem Based Learning



    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2618

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c)



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats