PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.3 SMPN 1 SUNGAI ROTAN | Kendali | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.3 SMPN 1 SUNGAI ROTAN
Novi Bromo Kendali
Abstract
Penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas VIII. 3 SMP Negeri 1 Sungai Rotan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan dengan menerapkan model Problem Based Learning. Masalah penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa dari KKM hasil rata-rata ulangan harian siswa kelas VIII.3 yang berjumlah 34 orang . 12 orang (35,29%) mendapat nilai di bawah 6,5 dengan nilai rata-rata kelas 6,55. Kelemahan terjadi karena pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah. Agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran diterapkan model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus I membahas materi : zat makanan pada manusia, siklus II membahas materi saluran pencernaan manusia. Langkah-langkah setiap siklus adalah sebagai berikut : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif 37,74 % pada siklus I menjadi 73,04 % pada siklus II. Aktivitas negatif menurun dari 20,58 % pada siklus I menjadi 2,94% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan, pada siklus I dari nilai rata-rata 74,5, ketuntasan klasikal 79,41% menjadi nilai rata-tata 79,5 ketuntasan klasikal 88,23% pada siklus II. Dapat disimpulkan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Sungai Rotan
Keywords
Aktivitas siswa, Hasil belajar, Problem Based Learning