PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Yoto Yoto, Ketang Wiyono
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktik materi Teori Kinetik Gas untuk siswa kelas XI MIA dimana penelitianya dilaksanakan di SMA Xaverius 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hanafin & Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis, fase desain, fase pengembangan dan implementasi. Pada fase pengembangan dan implementasi digunakan evaluasi formatif Tesmer yang terdiri dari lima tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test. Multimedia interaktif yang dihasilkan dinyatakan sangat valid karena para ahli baik ahli materi, ahli desain dan ahli media menyatakan layak uji dengan skor rata-rata 4,86 dengan kategori sangat valid dan dilakukan evaluasi satu-satu untuk merevisi kekurangan yang ada pada prototype I. Multimedia interaktif ini terbuki praktis setelah evaluasi kelompok kecil dilakukan, dan dari angket respon siswa terhadap penggunaan multimedia ini diperoleh rata-rata skor 3,89 dengan kategori praktis. Mengenai dampak potensial penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar ini dapat dilihat dari hasil uji lapangan. Dari hasil uji lapangan diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pretes adalah 42,0 dengan kategori rendah, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap postest adalah 80,26 dengan kategori tinggi. Â Berdasarkan hasil review ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran teori kinetik gas berbantuan lectora inspire ini terbukti valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Keywords
pengembangan, multimedia interaktif, lectora inspire, dan teori kinetik gas