• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) | Yoto | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

    Yoto Yoto, Ketang Wiyono

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktik materi Teori Kinetik Gas untuk siswa kelas XI MIA dimana penelitianya dilaksanakan di SMA Xaverius 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hanafin & Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase analisis, fase desain, fase pengembangan dan implementasi. Pada fase pengembangan dan implementasi digunakan evaluasi formatif Tesmer yang terdiri dari lima tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test. Multimedia interaktif yang dihasilkan dinyatakan sangat valid karena para ahli baik ahli materi, ahli desain dan ahli media menyatakan layak uji dengan skor rata-rata 4,86 dengan kategori sangat valid dan dilakukan evaluasi satu-satu untuk merevisi kekurangan yang ada pada prototype I. Multimedia interaktif ini terbuki praktis setelah evaluasi kelompok kecil dilakukan, dan dari angket respon siswa terhadap penggunaan multimedia ini diperoleh rata-rata skor 3,89 dengan kategori praktis. Mengenai dampak potensial penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar ini dapat dilihat dari hasil uji lapangan. Dari hasil uji lapangan diperoleh data rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pretes adalah 42,0 dengan kategori rendah, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada tahap postest adalah 80,26 dengan kategori tinggi.  Berdasarkan hasil review ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran teori kinetik gas berbantuan lectora inspire ini terbukti valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa

    Keywords


    pengembangan, multimedia interaktif, lectora inspire, dan teori kinetik gas



    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2626

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c)



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats