PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNG LUBUK | Destianingsih | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNG LUBUK
Emi Destianingsih, Ismet Ismet
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk dan mengetahui keterlaksanaan model problem based learning pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah sembilan soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05, didapat harga thitung = 3,52 dan ttabel =2,00 terlihat bahwa thitung> ttabel. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk.
Keywords
Problem Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah