PENGUNAAN MULTIMEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 4 LAHAT
Edi Iskandar
Abstract
Salah satu permasalahan penting dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya kwalitas pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan dimana kwalitas proses dan hasil belajar fisika ditentukan oleh banyak factor, salah satunya ketersediaan sarana laboratorium. Kegiatan laboratorium merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam pembelajaran fisika, karena melalui kegiatan laboratorium aspek produk, proses dan sikap peserta didik dapat lebih dikembangkan. Diharapkan dengan pengunaan multimedia laboratorium fisika pada pokok bahasan listrik dinamis ini siswa lebih senang dan merasa mudah belajar fisika. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus mengunakan empat tahap yakni persiapan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Pada pembelajaran dengan mengunakan multimedia laboratorium virtual fisika ini siswa dapat memahami konsep listrik dinamis dengan simulasi rangkaian listrik dan menyusunya dengan mudah dan kerusakan alat dapat diminimalisir karena alat yang digunakan dalam bentuk multimedia dapat ditukar dan nilainnya dapat diganti sesuai keinginan seperti pada lembar percobaan. Data hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II yaitu rerata semula 58menjadi 64,30 dan akhir siklus II menjadi 76,67. Ketuntasan belajar juga meningkat yang semula 46,97 % meningkat menjadi 64,39 % dan pada siklus II menjadi 79,54Â %. Data tentang pengamatan aktifitas siswa juga menunjukan peningkatan dari 17,42 % dan meningkat sebesar 15,15 %pada tahap siklus I ke siklus II. Pengunaan laboratorium virtual fisika membuat siswa belajar lebih menyenangkan dan memudahkan siswa dalam memahami konsep listrik dinamis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Multimedia laboratorium virtual fisika, listrik dinamis, hasil belajar