• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGUNAAN MULTIMEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 4 LAHAT | Iskandar | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGUNAAN MULTIMEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 4 LAHAT

    Edi Iskandar

    Abstract


    Salah satu permasalahan penting dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya kwalitas pembelajaran pada berbagai jenjang pendidikan dimana kwalitas proses dan hasil belajar fisika ditentukan oleh banyak factor, salah satunya ketersediaan sarana laboratorium. Kegiatan laboratorium merupakan hal yang penting dilaksanakan dalam pembelajaran fisika, karena melalui kegiatan laboratorium aspek produk, proses dan sikap peserta didik dapat lebih dikembangkan. Diharapkan dengan pengunaan multimedia laboratorium fisika pada pokok bahasan listrik dinamis ini siswa lebih senang dan merasa mudah belajar fisika. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus mengunakan empat tahap yakni persiapan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Pada pembelajaran dengan mengunakan multimedia laboratorium virtual fisika ini siswa dapat memahami konsep listrik dinamis dengan simulasi rangkaian listrik dan menyusunya dengan mudah dan kerusakan alat dapat diminimalisir karena alat yang digunakan dalam bentuk multimedia dapat ditukar dan nilainnya dapat diganti sesuai keinginan seperti pada lembar percobaan. Data hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari kondisi awal, siklus I dan siklus II yaitu rerata semula 58menjadi 64,30 dan akhir siklus II menjadi 76,67. Ketuntasan belajar juga meningkat yang semula 46,97 % meningkat menjadi 64,39 % dan pada siklus II menjadi 79,54  %. Data tentang pengamatan aktifitas siswa juga menunjukan peningkatan dari 17,42 % dan meningkat sebesar 15,15 %pada tahap siklus I ke siklus II. Pengunaan laboratorium virtual fisika membuat siswa belajar lebih menyenangkan dan memudahkan siswa dalam memahami konsep listrik dinamis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

    Keywords


    Multimedia laboratorium virtual fisika, listrik dinamis, hasil belajar



    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3430

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c)



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats