Telah dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar fisika materi alat-alat optik kelas X SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Palembang. Pengembangan ini menggunakan metode resecearh development dengan menggunakan model pengembangan Rowntree dan model evaluasi formatif Tessmer yang meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Jumlah responden yang me-review bahan ajar ini meliputi empat orang pakar, tiga siswa uji one to one evaluation dan sembilan orang uji small group evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode walkthrough dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar ditinjau dari segi content, bahasa, dan desain diperolehlah rerata nilai 4,02 dengan kategori valid. Untuk uji kepraktisan bahan ajar ditinjau dari pengisian angket yang dilakukan oleh siswa pada saat one to one evaluation dengan rerata nilai 84,88 % dengan kategori praktis. Hasil dari validitas dan kepraktisan diujikan pada small group evaluation dan didapat rerata nilai 91,7 % dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar berbasis pembelajaran proyek materi alat-alat optik untuk kelas X SMA ini sudah valid dan praktis serta layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika pada materi alat-alat optik.
Keywords
Bahan ajar, Pembelajaran berbasis proyek, Alat-alat optik