IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL

misbah misbah

Abstract


Masalah adalah ketidaksesuaian antara tujuan atau harapan dengan kenyataan. Mengidentifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sangat penting.Hal ini karena kemampuan pemecahan masalah berhubungan dengan bagaimanamahasiswa menghadapi masalah yang terjadi.Guru dapat melatihkan pemecahan masalah apabila diketahui siswa kurang memiliki kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat pada materi dinamika partikel.Subyek penelitian berjumlah 45 mahasiswa pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat 2015/2016. Data diperoleh pada bulan  Juni 2016 di Banjarmasin.Berdasarkan data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan IPA ULM pada materi dinamika partikel masih rendah dikarenakan dalam memecahkan permasalahan yang diberikan, mahasiswa langsung menggunakan rumus dan memasukkan angka-angka yang telah tertera pada soal. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan cara melakukan pembelajaran yang beorientasi pada pemecahan masalah dan membiasakan mahasiswa memecahkan masalah sesuai dengan tahapan pemecahan masalah.

Keywords


kemampuan pemecahan masalah, dinamika partikel.



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats