PENGEMBANGAN HANDOUT DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS XI IPA SMA

Hesti Apriani, Murniati Murniati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan handout dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar yang valid dan praktis. Pengembangan handout menggunakan model pengembangan Rowntree. Model pengembangan Rowntree terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif Tessmer, yaitu  self evaluation, expert review, one-to-one evaluation,small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan data walkthough dan data angket. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari para ahli sebesar 3,88(kategori valid). Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan handout ini sebesar 87,8% (kategori sangat praktis). Dari kedua tahap ini handout direvisi menjadi prototipe 2 dan di uji coba kembali. Pada uji coba small group evaluation, hasil rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan handout ini88,31 % (kategori sangat praktis). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sudah tergolong valid dan sangat praktis.

Keywords


pengembangan handout,dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar, kontekstual.



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats