ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENERAPAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR SELF-DIAGNOSIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Meice Pratama Sasa Putri, Sudirman Sudirman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa baik mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam menganalisis kesalahan penyelesaian soal penerapan fisika dengan menggunakan lembar self-diagnosis. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal essay serta lembar self-diagnosis. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan self-diagnosis grading rubric. Berdasarkan analisa hasil penelitian diperoleh data hasil Researcher’s assessment of student’s self-diagnosis (RDS) pada aspek prinsip fisika (evaluasi umum) ) sebesar 0,91 pada soal nomor 1 dan sebesar 0,85 pada soal nomor 2 menunjukan bahwa mahasiswa sangat baik dalam menganalisa kesalahan mereka dalam penyelesaian soal penerapan fisika. Sedangkan pada aspek presentasi skor yang didapat sebesar 0,41 pada soal nomor 1 dan sebesar 0,39 pada soal nomor 2 sehingga dapat disimpulkan mahasiswa tidak cukup baik menganalisa presentasi penerapan prinsip pada penyelesaian soal fisika.
Keywords
self-diagnosis, self-diagnosis rubric, hukum kekekalan energi