ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA CALON GURU FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA | taufiq | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir secara eksperimen mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam memecahkan masalah dengan cara menganalisis pada materi Hukum Gerak Newton. Subyek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan fisika angkata 2014 dan 2016 Kampus Palembang dan Inderalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes berupa wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap. tahap pertama tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 102 mahasiswa dan dilanjutkan dengan teknik non tes berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Klasifikasi berpikir secara ekperimen menurut Brown Mahasiswa Kampus Palembang angkatan 2014, secara merata termasuk dalam tiga jenis berpikir secara eksperimen, untuk angkatan 2016 termasuk dalam jenis Destructive. Klasifikasi berpikir secara ekperimen menurut Brown Mahasiswa Kampus Inderalaya angkatan 2014, termasuk Kategori Destructive, untuk angkatan 2016 termasuk dalam jenis Constructive. Hasil yang di harapkan dalam penelitian ini nanti sebagai bahan pertimbangan bagaimana cara untuk memberikan kuliah dengan model pembelajaran yang tepat, sehingga mampu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan analisis konsep-konsep fisika melalui berpikir secara eksperimen
Keywords
kemampuan bepikir eksperimen, pendidikan fisika, pemecahan masalah, hukum gerak newton