STUDI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL VEKTOR DI SMA NEGERI 1 INDERALAYA
Susiharti Susiharti, Ismet Ismet
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesalahan-sesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal vektor. Konsep vektor merupakan konsep yang paling fundamental dan sangat esensial dalam fisika karena konsep vektor menjadi dasar bagi jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan banyak terkait dengan dengan hampir semua materi fisika sehingga kesalahan yang dilakukan siswa tentang vektor akan berpengaruh terhadap penguasaan materi lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 29 orang, dan instrumen yang digunakan berupa soal-soal essay yang meliputi penjumlahan, penguraian, perkalian vektor. Data yang didapat dianalisis secara kualitatif, dan dibantu dengan paparan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwakesalahan siswa dalam melakukan penjumlahan vektor secara geometri disebabkan karena belum memahami dengan baik vektor dan anti vektor. Sementara kesalahan siswa dalam melakukan penjumlahan vektor secara analitis disebabkan karena siswa tidak dapat menggambarkan penguraian semua vektor ke dalam komponen-komponennya, dan juga kesalahan dalam melakukan operasi matematika. Sedangkan kesalahan siswa dalam melakukan operasi perkalian titik disebabkan karena siswa sering memperlakukan perkalian titik (dot product) antara dua buah vektor sama dengan perkalian skalar sehingga tidak memperhitungkan sudut antara kedua vektor.