PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMP NEGERI 2 PAMONA TIMUR

Endang Ratna Sari, Marungkil Pasaribu, Sahrul Saehana

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “Equivalen Pretest- Postest Grup Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,54 dengan standar devisiasi 2,69. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor 5,33 dengan standar devisiasi 2,57. Hasil  pengujian hipotesis diperoleh niai       = 4,22 dan       = 2,02. Ini berarti bahwa nilai       berada diluar      daerah penerimaan. Hasil ini memberi peluang untuk menyatakan terdapat perbedaan hasi; belajar fisika antara kelas control dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur.


Keywords


Model Discovery Learning, Pembelajaran Langsung (DI), Hasil Belajar

References


Yogihati, C.I. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Melalui Pembelajaran Bermakna Dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 104107.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Mutmaina. (2009). Pendekatan Pembelajaran (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Diskusi Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Untad.

Ilahi, T M.. (2012). Pembelajaran discovery strategy dan mental Vocational Skill. Jogjakarta:DIVA Press Sukmadinata, S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ROSDA.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Ariska, Melly. Pemanfaatan Komputasi pada Pembelajaran Fisika dalam Merumuskan Dinamika Benda Ruang 3D. Seminar Nasional Pendidikan IPA 1 (1), 139-149.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats