PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN KALOR DI SMP NEGERI 2 PAMONA TIMUR | Sari | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “Equivalen Pretest- Postest Grup Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan berupa tes hasil belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, untuk kelas eksperimen diperoleh rerata skor tes akhir adalah 8,54 dengan standar devisiasi 2,69. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor 5,33 dengan standar devisiasi 2,57. Hasil pengujian hipotesis diperoleh niai = 4,22 dan = 2,02. Ini berarti bahwa nilai berada diluar daerah penerimaan. Hasil ini memberi peluang untuk menyatakan terdapat perbedaan hasi; belajar fisika antara kelas control dan kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur.
Keywords
Model Discovery Learning, Pembelajaran Langsung (DI), Hasil Belajar
Yogihati, C.I. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Melalui Pembelajaran Bermakna Dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 104107.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Mutmaina. (2009). Pendekatan Pembelajaran (Discovery Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Diskusi Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Untad.
Ilahi, T M.. (2012). Pembelajaran discovery strategy dan mental Vocational Skill. Jogjakarta:DIVA Press Sukmadinata, S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ROSDA.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.
Ariska, Melly. Pemanfaatan Komputasi pada Pembelajaran Fisika dalam Merumuskan Dinamika Benda Ruang 3D. Seminar Nasional Pendidikan IPA 1 (1), 139-149.