PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK SMA KELAS XI

muhammad Anggi Prasetya, Sudirman Sudirman, Ketang Wiyono

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Android pada matapelajaran fisika pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahan kalor yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi mengadaptasi model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; dan (4) small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap expert review nilai persentase rerata total dari validator ahli sebesar 97,02% dengan kategori sangat valid, pada tahap one-to-one evaluation persentase rerata 90,81% dan pada tahap small group persentase rerata 86,93% sehingga diperoleh persentase rerata total 88,87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Android pada matapelajaran fisika pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahan kalor yang dikembangkan telah sangat valid dan sangat praktis.

Keywords


Multimedia Interaktif, Suhu, Kalor, Android

References


Arenalte. (2016). Data Gfk: 9 dari 10 orang Indonesia Internetan Lewat Smartphone. https://arenalte.com/berita/industri/data- gfk-terbaru-2016-pengguna-smartphone- indonesia/ . Diakses taggal 17 Januari

Ariani, N., & Harianto, D., (2010) Pembelajaran multimedia disekolah. Jakarta : Prestasi pustaka publisher.

Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fitrianti, Ranny. (2012). Pengembangan Soal Tes Formatif Berbasis PMRI pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Sriwijaya

Gustafson, K.L., & Branch, R.M.. (2002). Survey of Instructional Development Models. Fourth Editions. New York: ERIC Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/. Diakses tanggal 12 Januari 2016

Kemendikbud. www.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 31 Mei 2017.

Khamzawi, S., Wiyono, K., Zulherman, (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk Sma Kelas XI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika Unsri,

(1) : 100-108

Prawiradilaga, D. Salma. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles) Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Purwati, Ika, (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 2 (1) : 123-

Rosmidayati. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Dinamis Menggunakan Media Komputer Berbasis Website Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang. Tesis. Palembang: Program

Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya.

Sukmadinata, Nana S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi erlangga group.

Tessmer, Martin. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. Landon: Kogan Page.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats