• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK SMA KELAS XI | Prasetya | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR UNTUK SMA KELAS XI

    muhammad Anggi Prasetya, Sudirman Sudirman, Ketang Wiyono

    Abstract


    Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Android pada matapelajaran fisika pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahan kalor yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi mengadaptasi model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; dan (4) small group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap expert review nilai persentase rerata total dari validator ahli sebesar 97,02% dengan kategori sangat valid, pada tahap one-to-one evaluation persentase rerata 90,81% dan pada tahap small group persentase rerata 86,93% sehingga diperoleh persentase rerata total 88,87% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Android pada matapelajaran fisika pokok bahasan suhu, kalor, dan perpindahan kalor yang dikembangkan telah sangat valid dan sangat praktis.

    Keywords


    Multimedia Interaktif, Suhu, Kalor, Android

    References


    Arenalte. (2016). Data Gfk: 9 dari 10 orang Indonesia Internetan Lewat Smartphone. https://arenalte.com/berita/industri/data- gfk-terbaru-2016-pengguna-smartphone- indonesia/ . Diakses taggal 17 Januari

    Ariani, N., & Harianto, D., (2010) Pembelajaran multimedia disekolah. Jakarta : Prestasi pustaka publisher.

    Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

    Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

    Fitrianti, Ranny. (2012). Pengembangan Soal Tes Formatif Berbasis PMRI pada Pokok Bahasan Segitiga di Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Sriwijaya

    Gustafson, K.L., & Branch, R.M.. (2002). Survey of Instructional Development Models. Fourth Editions. New York: ERIC Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/. Diakses tanggal 12 Januari 2016

    Kemendikbud. www.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 31 Mei 2017.

    Khamzawi, S., Wiyono, K., Zulherman, (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk Sma Kelas XI. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika Unsri,

    (1) : 100-108

    Prawiradilaga, D. Salma. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles) Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

    Purwati, Ika, (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 2 (1) : 123-

    Rosmidayati. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Listrik Dinamis Menggunakan Media Komputer Berbasis Website Di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palembang. Tesis. Palembang: Program

    Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya.

    Sukmadinata, Nana S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

    Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

    Suyanto, dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi erlangga group.

    Tessmer, Martin. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. Landon: Kogan Page.

    Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5408

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats