PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA

saiful saiful, Undang Rosidin, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan performance assessment berbasis inkuiri terbimbing untuk mengukur keterampilan argumentasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four D Models) yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilakukan sampai pada tahap develop diantaranya uji validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian dilakukan pada kelas XI ditiga SMA yang terdapat di kota Bandar Lampung dengan jumlah siswa sebanyak 75 siswa. Instrumen performance assessment yang layak, valid, dan reliabel untuk mengukur keterampilan argumentasi. Performance assessment dapat diukur dengan soal berupa pilihan jamak beralasan, serta instrumen yang dikembangkan menurut pendapat guru mempunyai rata-rata skor 3,38 dengan kategori sangat baik untuk aspek kesesuaian, rata-rata skor 3,33 dengan kategori sangat baik untuk aspek kemudahan dan rata-rata skor 3,44 dengan kategori sangat baik untuk aspek kemanfaatan.

Keywords


performance assessment, inkuiri terbimbing, keterampilan argumentasi siswa

References


Dungus, F. 2013. Pengaruh Penerapan Lesson Study Dan Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar I dengan Mengontrol Inteligensi Mahasiswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 4(1):52-65.

Handayani,P. 2015. Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1):60-68.

Hanson, D. 2006. Instructor's Guide to Procces-Oriented Guided-Inquiry Learning. Stony Brook University- SUNY: Pacific Crest.

Hasnunidah, N., & Susilo, H. 2015. Profil Perspektif Sosiokultural Mahasiswa dalam Berargumentasi Pada Mata Kuliah Biologi Dasar. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS, 14-124.

Ibrahim, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran. Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional.

Inch ES, Warnick B, Endres D. 2006. Critical Thinking and Commnication: The Use of Reason in Argument (Fifth Ed). Boston: Pearson Education.

Siswanto, Kaniawati,I., & Suhandi,A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Pembangkit Argumen Menggunakan Metode Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2), 104-116.

Siti Zainab, Dr. Insih Wilujeng. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Objektif Pilihan Ganda Untuk Mengukur Penguasaan Materi Ajar Gerak Lurus Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Volume, 5(2): 106-113.

Syahrul. 2009. Keefektifan Penerapan Model Asesmen Autentik Terintegrasi dalam Pembelajaran Praktikum Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT- Universitas Negeri Makassar. Jurnal MEDTEK, 1 (2).

Van Tassel-Baska, J. 2013. Performance Based Assessment The Road to Authentic Learning for the Gifted. Journals Permissions, 37 (1): 41-47.

Viyanti, Cari, Sunarno, W., Prasetyo, Z., & Widoretno, S. 2015. Performance Assessment Untuk Fase Orientasi Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Sma Di Kota Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (pp. 218-226). Surakarta: Magister Pendidikan Sains dan Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats