PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK SMP KELAS IX
Sri Wulandari, Sardianto Markos Siahaan, Sudirman Sudirman
Abstract
Abstrak: Telah berhasil dikembangkan modul IPA terpadu materi listrik dinamis berbasis keterampilan proses sains dasar dan diujicobakan pada peserta didik SMP Negeri 1 Inderalaya Utara. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA terpadu yang valid dan praktis. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan metode evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh dua ahli yaitu materi dan ahli media. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari ketiga ahli sebesar 82% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one-to-one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,22% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 89,00% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran IPA terpadu yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid dan sangat praktis.
Poedjiadi, A. (2010). Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pratama, A.A. (2014). Studi Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(2): 137-144.
Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69
Rosa, F.O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.