PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU MATERI LISTRIK DINAMIS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR UNTUK SMP KELAS IX

Sri Wulandari, Sardianto Markos Siahaan, Sudirman Sudirman

Abstract


Abstrak: Telah berhasil dikembangkan modul IPA terpadu materi listrik dinamis berbasis keterampilan proses sains dasar dan diujicobakan pada peserta didik SMP Negeri 1 Inderalaya Utara. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA terpadu yang valid dan praktis. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan metode evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh dua ahli yaitu materi dan ahli media. Dari hasil expert review diperoleh persentase rata-rata hasil penilaian dari ketiga ahli sebesar 82% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one-to-one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,22% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 89,00% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran IPA terpadu yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid dan sangat praktis.

Keywords


Developing research, integrated science module, science skill process, electricity circuit

References


Poedjiadi, A. (2010). Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratama, A.A. (2014). Studi Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(2): 137-144.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2016). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

Rosa, F.O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Semiawan,C.R.,dkk. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats