• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING | Aswadi | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

    Rudi Aswadi, Noor Fadiawati, Abdurrahman Abdurrahman

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa SMA kelas X pada pembelajaran fisika. Materi fisika yang diajarkan adalah pokok bahasan tentang gerak harmonik sederhana dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS).  Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasy experimental, dengan desain the matching-only pretest-posttest control group.  Penelitian ini melibatkan 72 siswa SMA kelas 10 di Provinsi Lampung.  Seluruh siswa yang terlibat dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pembelajaran fisika menggunakan LKS, kelas eksperimen menggunakan LKS berbasis inkuiri, sedangkan kelas kontrol menggunakan LKS produk dari suatu penerbit.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melakukan pretes dan postes kemampuan metakognisi dengan menggunakan instrumen soal.  Setelah nilai dihasilkan, maka dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata pretes, uji perbedaan rata-rata postes, perhitungan n-gain, dan effect size. Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan metakognisi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.  Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Hasil postes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, rata-rata kemampuan metakognisi kedua kelas adalah 75,56 dan 50,23; (2) Uji beda dua rata-rata skor postes menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan dengan p-value 0,000; (3) Rata-rata n-gain dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, n-gain dari kedua kelas adalah 0,69 dan 0,37; dan (4) Perhitungan effect size adalah 0,90 masuk dalam kategori large.  Berdasarkan perhitungan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi gerak harmonik sederhana, efektif meningkatkan kemampuan metakognisi siswa.

    References


    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

    Hoseinzadeh, D., & Shoghi, B. 2013. The role of metacognition knowledge

    component in achievement of high school male students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 1031-1035.

    Kemendikbud. 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 06 Juni 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

    Khan, M. A.2009. Teaching of heat and temperature by hypothetical inquiry approach: A sample of inquiry teaching. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(2), 43-64.

    Li, D. D., & Lim, C. P. 2008. Scaffolding online historical inquiry tasks: A case study of two secondary school classrooms.Computers & Education, 50(4), 1394-1410.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5458

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats