PROFIL PEMBELAJARAN TERPADU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Soesy Sri Wulandari, Prabowo Prabowo, imam supardi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama yaitu bagaimana membuat proses perencanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama.Data yang terkumpul dideskripsikan dan dianalisis setelah diadakan reduksi dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan trianggulasi metode. Hasil analisis deskriptif tersebut diperoleh temuan-temuan atas jawaban-jawaban pertanyaan-pertanyaan penelitian dan selanjutnya dikemukakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ditemukan guru yang belum mengintegrasikan pembelajaran secara terpadu yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran terpadu.Penyebab utama kondisi tersebut adalah guru belum memahami karakteristik pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA.
Assaraf, O. B., & Orion, N. (2010).System Thinking Skills at the Elementary School Level.Journal Research in Science Teaching.Vol. 47, N0. 5, pp. 540–563.
Bell, R. L., Smetana, L., and Binns, I. (2005).Simplifying inquiry instruction.Assessing the inquiry level of classroom activities.The Science Teacher 72 No. 7, pp. 30-33.
Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: teaching higher-order thinking. Curruculum& Leadership Journal, An Electronic Journal for Leaders in Education.Vol 12 Issue 14.
Davies, M., Brown, R.S. (2011) A Programmatic Approach to Teaming and Thematic Instruction.North Carolina Middle School Association Journal.Fal 2011 Vol 26 No 1.Pp 1-17.
Fisher, R. (2001). Philosophy in Primary Schools: fostering thinking skills and literacy. Reading, pp. 67-73.
Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula.Palatine. Illinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc.
Gronlund, N.E. (2003). Assessment of Student Achievement. Pearson education: New York.