PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI CAHAYA BERMUATAN Al-QUR’AN UNTUK SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Nyoto Suseno, Hajiah Lika Yunianti

Abstract


: Produk penelitian pengembangan ini adalah multimedia pembelajaran interaktif materi cahaya bermuatan ayat Al-Qur`an. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli, angket dan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitataif deskriptif. Hasil validasi dan uji coba lapangan terhadap produk multimedia yang dikembangkan, untuk aspek teknis 83,3%, untuk aspek komunikasi 87,7% dan untuk aspek desain 87,4%, sehingga rata-rata hasil penilaian produk sebesar 86,1% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif materi cahaya bermuatan Al-Qur’an yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah Muhammadiyah

References


Aslamiyah, L., Masturi & Nugroho, S. E. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-interkoneksi Nilai-nilai Al Qur’an. Unnes Physics Education Journal. Volume 6, Nomor 3. Halaman 44 – 52.

Ariska, Melly. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2018; 8(2) :15-123.

DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top Di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 5(2) :181-186.

Broggini, F. & Snieder, R. 2012. Connection of Scattering Principles: a Visual and Mathematical Tour. European Joural of Physics. Volume 33 nomor 3. Halaman: 593 – 613.

Cahyanti, Friska & Suseno, Nyoto. 2015. Pengembangan LKS Materi Listrik Statis Berorientasi Al-Qur’an untuk Siswa Kelas IX Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 3. Nomor 2. Halaman 60 – 68.

Fanani, A. Z. 2006. Tip dan Trik Macromedia Flash (menyingkap Rahasia Teknik Animasi).

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kohnle, A. dkk. 2012. A new Multimedia Resource for Teaching quantum mechanics Concepts. American Journal of Physics. Volume 80. N0. 2. Halaman: 148 – 153.

Nurhafizah, Z. & An’nas, S. 2015.

Pengembangan Modul Fisika Kelas VII SMP/MTs Berbasis Interaksi Al-

Qur’an pada Materi Ajar Kalor. Jurnal

Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Volume 3, Nomor 1. Halaman: 1 – 10.

Zulmaidah & Suseno, N. 2017. Pengembangan Animasi pada Topik Tata Surya Terintegrasi Ayat Al-

Qur’an. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Halaman 147-153.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats