EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA II MAN I PALEMBANG

Misnoraliawati Misnoraliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika.  Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri I Palembang. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 25 Oktober 2016 sampai 6 Desember 2016.  Obyek penelitian adalah siswa kelas  XI IPA 1  MAN I Palembang berjumlah 33 orang terdiri 13 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, diskusi. Analisis data dengan cara diskriptif kualitatif, dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil analisis diketahui sebagian besar siswa dalam kegiatan pembelajaran pokok bahasan Elastisitas pada siklus satu, minat belajar, perhatian pelajaran, dan partisipasi masih relatif rendah. Pada kegiatan pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi pada siklus dua, minat belajar, perhatian, partisipasi mengalami peningkatan secara signifikan. Hasil analisis dari siklus 1, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (? 60) sebanyak 10 orang atau mencapai 30% sedangkan 23 orang atau 70% tidak mencapai ketuntasan minimum. Hasil siklus ke 2, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (? 60) sebanyak 25 orang atau mencapai 76% sedang yang tidak mencapai ketuntasan minimum sebanyak 8 orang atau 24%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Keywords


tutor sebaya, siswa, hasil belajar, fisika

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Ariska, Melly. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2018; 8(2) :15-123.

DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top Di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 5(2) :181-186.

Dimyati dan Moedjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT Rajawali Pers.

Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

Purwoko dan Fendi. Fisika 2 SMA Kelas XI. Jakarta. Yudhistira.

Suharsimi Arikunto. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta:Rajawali.

Supiyanto. 2006. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta. PT Phibeta Aneka Gama.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats